Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini

Cara mengatasi ejakulasi dini
Foto : Shutterstock

Jika berbicara mengenai kaum pria, apa sih yang paling menjadi momok bagi mereka? Ya, jawabannya tak lain dan tak bukan berkaitan erat dengan kejantanannya atau seberapa kuat mereka dapat bertahan di atas ranjang.

Tidak dimungkiri, gangguan ejakulasi dini memang sangat meresahkan bahkan dapat menghilangkan kepercayaan diri kaum pria.

Ya, walau sebenarnya ejakulasi dini bukan masalah yang serius jika hanya terjadi sesekali. Toh semua pria pasti pernah mengalaminya. 

Namun gangguan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja apabila sering terjadi karena dapat mempengaruhi hubungan intim dengan pasangan bahkan menimbulkan stres. Oleh karena itu, perlu diketahui akar masalah dari ejakulasi dini dan cara mengatasinya. 

Apa itu Ejakulasi Dini? 

Ejakulasi dini adalah kondisi ketika seorang pria mengeluarkan sperma terlalu cepat saat berhubungan seksual. Kondisi ini tentu saja dapat mengakibatkan tidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual baik pada pasangan atau pada pria itu sendiri.

Sebenarnya ejakulasi dini merupakan hal yang normal terjadi pada pria dan bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan jika cuma terjadi sesekali dua kali. Akan tetapi kamu patut waspada ketika mengalami gangguan ini setiap kali berhubungan seksual.

Dalam berhubungan intim memang tidak ada patokan durasi mencapai klimaks misal harus minimal 5 atau 10 menit, karena tergantung pada masing-masing pasangan. Stamina pria kan beda-beda, hehe.

Namun, berdasarkan penelitian yang Cerita Ayah lansir dari halodoc.com, berhubungan intim umumnya berlangsung sekitar lima setengah menit bagi pria untuk mencapai ejakulasi.

Jadi seorang pria dikatakan mengalami ejakulasi dini ketika mencapai klimaks di bawah waktu tersebut atau misalkan baru masuk belum cukup semenit eh sudah keluar. 

Nah, kira-kira apa yang menyebabkan ejakulasi dini? Kita cari tahu dulu yuk!

Apa Saja Penyebab Ejakulasi Dini?

Sayangnya setelah Cerita Ayah cari tahu dengan membaca berbagai sumber, belum dapat diketahui dengan pasti penyebab ejakulasi dini. 

Namun, kondisi ini diduga terkait dengan beberapa faktor diantaranya faktor psikologis, seperti stres dan depresi, faktor fisik, seperti gangguan hormon dan efek samping merokok, serta bisa juga disebabkan karena faktor keturunan.

Cara mengatasi ejakulasi dini

Sekalipun belum diketahui secara pasti penyebab ejakulasi dini namun dengan mengetahui faktor-faktor yag diduga menjadi pemicu setidaknya dapat membantu kita untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa Sobat Cerita Ayah terapkan jika mengalami masalah ejakulasi dini ;

Komunikasikan dengan Pasangan

Tidak dimungkiri gangguan ejakulasi dini 
membuat hubungan seks dengan pasangan menjadi tidak lancar. Bahkan bisa memicu pertengkaran.

Nah, ketidakharmonisan dengan pasangan yang berujung pada stres juga bisa menjadi pemicu ejakulasi dini karena. Oleh karenanya penting sekali untuk mengkomunikasikan terlebih dahulu masalah ini dengan pasangan. 

Dengan begitu, diharapkan keintiman dengan pasangan tetap terjaga sehingga tidak mengalami stres dan performa seksual pun bisa membaik.

Tunda Berhubungan Seksual Sementara

Tidak ada salahnya juga untuk menunda berhubungan intim sementara waktu karena cara yang satu ini juga diangap dapat menjadi solusi untuk mengatasi ejakulasi dini secara alami.

Dengan menerapkan cara ini bukan berarti kamu tidak boleh menyentuh pasangan sama sekali. Cukup hindari berhubungan badan dalam dalam periode waktu tertentu. Selain itu kamu bisa fokus dengan adegan sensual lainnya.

Latihan Senam Kegel

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan 
agar tidak cepat keluar saat berhubungan intim adalah dengan melakukan senam Kegel. 

Latihan senam ini akan memperkuat otot dasar panggul sehingga diyakini dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini.

Cara melakukan senam kegel adalah dengan menghentikan aliran kemih lalu tahan 3 detik, kemudian lepaskan selama 3 detik, ulangi sebanyak 10 kali. Setidaknya lakukanlah senam kegel rutin 3 kali sehari.

Istirahat yang Cukup

Tahukah kamu, kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin di otak menjadi rendah dan memicu ejakulasi dini. Maka untuk mengatasinya kamu harus memperoleh waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Setidaknya tidurlah selama minimal 7-8 jam per hari. Tentunya dengan istirahat yang cukup juga dapat membuat kamu memiliki stamina yang kuat.

Konsultasikan dengan ahlinya

Banyak pria yang ketika mengalami masalah ejakulasi dini langsung mencari obat kuat yang dijual bebas di pasaran. Padahal itu bukan solusi yang tepat.

Maksudnya, obat kuat memang bisa menjadi solusi masalah ejakulasi dini namun jangan asal konsumsi obat tanpa konsultasi dengan dokter.

Ingat, salah satu faktor yang diduga menjadi pemicu ejakulasi dini adalah faktor psikologis. Oleh karenanya jika keempat cara di atas tidak berhasil itu artinya kamu butuh konsultasi.

Yup, berkonsultasi ke ahlinya merupakan langkah yang paling tepat sebelum memutuskan konsumsi obat kuat.

Setidaknya dengan konsultasi terlebih dahulu ke dokter profesional kamu akan mendapatkan rekomendasi produk yang akurat dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

Untuk itu kamu dapat menggunakan layanan Sexual Care Online yang disediakan Diri Care tanpa mengeluarkan duit sedikit pun alias gratis. Cukup dengan sentuhan jari, kamu dapat mengaksesnya lewat aplikasi ataupun website.

Di Diri Care kamu akan ditangani langsung dengan dokter profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu juga akan mendapatkan produk obat yang aman dan terpercaya (BPOM dan FDA). Lebih baik yang pasti-pasti saja kan daripada pilih obat random di pasaran. Eits, tenang saja kerahasiaan kamu dijamin terjaga kok.

Itu dia beberapa cara mengatasi ejakulasi dini. Kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri dulu, mulai dengan memberitahu pasangan lalu menunda berhubungan seks sementara waktu, rajin senam kegel hingga istirahat yang cukup.

Cara terakhir, jika tidak bisa mengatasinya sendiri maka kamu perlu konsultasi dengan tenaga ahli agar tidak salah dalam penanganan.  Hadirnya layanan Diri Care tentu dapat menjadi solusi masalah ejakulasi dini yang kamu alami. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini"