Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zenius Education Dukung Siswa dengan Berbagai Gaya Belajar

Zenius Education Dukung Siswa dengan  Berbagai Gaya Belajar

Cara belajar anak-anak kita selama ini sudah tepat atau belum ya? Apa sudah sesuai dengan gaya belajarnya? Apakah metode belajar yang diterapkan itu membuatnya senang belajar atau malah sebaliknya?

Sebagai orang tua yang anaknya sudah duduk di bangku sekolah tentu kita harus tahu kondisi anak saat belajar. Bukan semata-mata menyuruhnya belajar tapi juga ikut terlibat.

Paling tidak kita tahu, anak kita ketika sedang belajar tidak dalam keadaan tertekan. 

Kalau misalnya si anak setiap disuruh belajar sering mengeluh, pusing merasa bosan, dan lain sebagainya, berarti memang masih ada yang keliru dari cara belajarnya.

Tugas kita sebagai orang tua, wajib banget dukung dan bantu anak menemukan cara belajar yang tepat, yang bisa bikin dia happy dan nggak stres saat belajar.

Jadi kalau cara belajar yang lama ternyata tidak membuahkan hasil efektif saatnya yuk ajak anak ganti cara belajar dengan yang penting-penting aja seperti yang dikampanyekan Zenius Education.

Kenalan Dulu dengan Zenius Education

Sobat Cerita Ayah pastinya sudah kenal dong dengan Zenius Education. Eh atau masih ada yang belum unduh aplikasinya. Baiklah sebelum lanjut kita kenalan dulu yuk!

Zenius Education merupakan aplikasi belajar online super lengkap dan praktis.

Saat mengeksplor aplikasi ini saya menemukan banyak sekali video pembelajaran yang menarik. Dari informasi yang saya dapat jumlah videonya bahkan mencapai lebih dari 90.000. 

Tidak hanya itu, di aplikasi Zenius juga tersedia ratusan ribu soal latihan lengkap dengan pembahasannya.

Kalau latihan soal pakai aplikasi ini kita bisa langsung tahu jawaban kita benar atau salah. Setiap soal punya video pembahasan sehingga memudahkan dalam belajar.

Mau cari soal dan pembahasan kelas berapa? SD, SMP atau SMA? Semua jenjang ada. Materi pembelajaran yang tersedia pun sudah sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Indonesia.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Zenius juga tidak kalah menarik. Salah satunya adalah ZenCore yang bisa digunakan oleh segala usia termasuk orang dewasa baik untuk mempersiapkan diri ikut CPNS maupun sekadar pemanasan otak.

So far, aplikasi Zenius Education sangat bermanfaat buat semua kalangan, terutama bagi para pelajar dan juga orang tua yang ikut berperan dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Terlebih lagi, Zenius memiliki misi yang sangat bagus yaitu to spark the love of learning in everyone, everywhere, to question everything!

Zenius hadir untuk menumbuhkan rasa penasaran dan kecintaan belajar pada diri setiap orang. Dengan begitu tidak peduli dimana pun berada mereka akan belajar dengan penuh semangat dan rasa kemerdekaan.

Sejalan dengan misinya itu, Zenius punya kampanye BTS alias Back to School yang  bertujuan untuk membantu dan mendukung semua siswa dengan berbagai gaya belajar.

Back to School Zenius, Yuk Ganti Cara Belajar

Ganti cara belajar bareng Zenius

Sebagai orang tua kita harus paham bahwa setiap anak itu unik dan memiliki gaya belajarnya masing-masing.

Ada anak yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada juga yang lebih tertarik belajar ketika dihadapkan dengan gambar-gambar. 

Apapun gaya belajar anak sudah sepatutnya orang tua dukung. Kalau anak kita gaya belajarnya cenderung kinestetik ya jangan paksa dia buat belajar dengan visual. 

Pun kalau anak kita lebih cepat menyerap materi dengan menyentuh langsung objek biarkan dia dengan gaya belajar taktil.

Nah, yang jadi masalah itu kalau cara belajarnya belum tepat. Padahal inti dari belajar adalah anak bisa memahami materi yang dia pelajari.

Tips belajar dengan cara menghapal tidak menjamin anak paham materi lho? Menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar juga belum tentu hasilnya efektif.

Cara belajar seperti ini nih yang buat anak cepat bosan, tidak fokus dan tertekan. Apalagi namanya anak-anak pasti lebih senang bermain atau melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya daripada belajar.

Lantas apa yang bisa orang tua lakukan menyikapi hal tersebut?

Mendukung anak dalam pendidikan tentu tidak cukup dengan memahami gaya belajarnya saja. Bentuk dukungan lain yang bisa kita berikan adalah dengan memotivasi anak agar mau ikut bimbingan belajar (bimbel). 

Sayangnya masih banyak stigma yang beredar di luar sana, bahwa bimbingan belajar itu hanya untuk anak-anak yang ambisius, hanya untuk mereka yang memang dari sononya pintar.

Pintar dianggap sebagai sebuah bakat dari lahir. Tidak heran bila banyak siswa yang tidak menonjol prestasinya memiliki motivasi belajar rendah.

Karena tidak memiliki bakat pintar sehingga mereka pun merasa tidak butuh bimbel. Padahal kecerdasan seseorang itu sama sekali tidak ditentukan oleh bakat lho melainkan dari seberapa rajin dan tekunnya ia belajar. Yup, kuncinya adalah rajin berlatih.

Itu sebabnya bimbingan belajar sangat penting untuk membantu menunjang prestasi dan memaksimalkan potensi otak anak. Apalagi bila orang tua memiliki keterbatasan waktu dan juga pengetahuan sehingga tidak dapat maksimal mendampingi anak belajar. Tentu bimbel bisa jadi solusi yang tepat. 

Saya pribadi tertarik memasukkan anak belajar di Zenius karena bimbel ini punya konsep belajar yang dapat menyesuaikan dengan gaya belajar siswa. Melalui Back to School, siswa diajak untuk #GantiCaraBelajar dengan yang penting-penting aja.

Menurut saya konsep inilah yang dibutuhkan siswa zaman sekarang. Konsep belajar yang penting-penting aja mengajak siswa untuk melihat ide besar dari sebuah pelajaran dan memilah pokok-pokok bahasan utama untuk diserap.

Dengan tips belajar seperti ini, siswa akan memiliki kerangka berpikir ketika belajar, lebih terarah, dan pastinya juga lebih cepat paham. Dibuktikan dengan mampu mengerjakan soal-soal tes dengan cermat.

Proses belajar pun tidak menyita banyak waktu sehingga siswa masih dapat melakukan hobi atau kegiatan lainnya.  Cara belajar ini pastinya lebih efektif dan menyenangkan, bukan?

Aplikasi Zenius Dukung Gaya Belajar Siswa

Setelah mengenal Zenius Education dan konsep belajarnya yang asyik, sobat Cerita Ayah jangan sampai lupa ya untuk coba aplikasinya. Yuk buruan download Aplikasi Zenius untuk iOS atau Aplikasi Zenius untuk Android biar bisa langsung mengeksplor sendiri fitur-fiturnya yang keren.

Kehadiran aplikasi Zenius sangat mendukung siswa dengan berbagai gaya belajar karena memiliki sistem pembelajaran adaptif sekaligus menerapkan ekosistem pembelajar online-offline yang membantu dan memudahkan siswa untuk fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien. 

Untuk lebih jelasnya mengenai sistem pembelajaran adaptif dan ekosistem pembelajaran hybrid, yuk kita bahas satu-satu!

Sistem pembelajaran adaptif

Pembelajaran adaptif dengan fitur ZenCore

Salah satu keunggulan Zenius adalah memiliki fitur ZenCore yang menunjang pembelajaran adaptif. 

ZenCore merupakan skill dan knowledge yang menurut Zenius harus dikuasai oleh semua orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, maupun bidang kerjaannya.

Itu sebabnya ZenCore cocok untuk segala usia dan semua kalangan karena bisa bantu kita buat berpikir logis juga asyik buat pemanasan otak.

Nah, salah satu skill dan knowledge yang harus dikuasai melalui ZenCore adalah Fundamental Skills. Sedangkan untuk mengasah kemampuan fundamental kita perlu mengakses CorePractice pada fitur ZenCore.

CorePractice ini berupa kuis yang dapat kita manfaatkan untuk melatih 3 skills utama yang juga merupakan fondasi dalam berpikir yaitu Matematika, Verbal & Logika, dan Bahasa Inggris.

Pengalaman saya dalam mengakses kuis ini cukup seru dan menantang. Benar-benar oke nih fiturnya buat latih daya berpikir kita.

Setiap kuis dari tiap kategori dimulai dari level 1 dan berakhir di level 100. Setiap level harus dilalui dengan menjawab 8 soal dengan batas waktu 120 detik saja. 

Of cource, semakin gercep kita menjawab semakin bagus pula nilai yang bisa kita peroleh.
Tapi  jawabannya harus benar dong. Kalau salah nggak papa kok bisa diulang lagi, hehe. Oh ya setiap soal juga sudah disertai dengan pembahasan. Jadi memudahkan buat latihan.

Well berikut ini 3 kategori dalam CorePractice yang dapat kita latih :
  • Matematika, mengasah kemampuan dasar apalagi untuk meningkatkakan daya berpikir logis dan rasional memang tidak bisa lepas dari materi pelajaran yang satu ini. Lumayan menguras otak juga menjawab soal-soal kuis yang ada di kategori matematika. Kalau level bawah sih masih lumayan mudah, namun semakin rumit ketika levelnya semakin tinggi.
  • Verbal Logic, selanjutnya ada kategori verbal logic yang kuisnya berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana namun cukup membingungkan karena membutuhkan logika untuk menjawabnya. Jujur, kemampuan saya agak rendah pada kategori ini. Baru coba level 1 sudah banyak jawaban yang salah.
  • Bahasa Inggris, kuis selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Bahasa Inggris. Sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris memang penting untuk dipelajari. Soal-soal yang disuguhkan di level bawah lumayan mudah, kebanyakan berkaitan dengan tenses dan vocabularies. Namun sama seperti dua kategori lainnya, semakin tinggi levelnya semakin menantang.

Ekosistem pembelajaran online-offline

Sejak pandemi pembelajaran baik di sekolah maupun bimbingan belajar yang tadinya offline mulai diterapkan secara online. Bersyukur kondisi sekarang sudah membaik sehingga aktivitas belajar dengan tatap muka telah diberlakukan kembali.

Meski demikian pembelajaran online khususnha di lembaga bimbel juga tetap jalan karena tidak dimungkiri kehadiran teknologi seperti aplikasi Zenius sangat membantu dan memudahkan siswa dalam belajar. Tentunya ekosistem pembelajaran online-offline ini memiliki keunggulannya tersendiri.

Online

Untuk pembelajaran online, selain ZenCore aplikasi Zenius punya fitur yang tidak kalah canggih yaitu ;
  • ZenBot merupakan fitur berbasis AI yang memudahkan siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang tidak dia pahami. Untuk memanfaatkan fitur ini gampang banget. Caranya adalah cukup dengan mengambil foto soal yang dimaksud. Soal yang diajukan bebas, mau Matematika, Fisika atau Kimia. Nah, setelah fotonya terunggah atau terbaca oleh ZenBot bakal ada banyak video tutorial penyelesai soalnya. Siswa tinggal menyimak penjelasannya. Sangat menarik, kan?
  • Zenius Live Class, berikutnya ada fitur premium yang oke banget jadi andalan para siswa. Melalui fitur ini, siswa bebas memilih kelas mana saja yang ingin dia ambil dan berkesempatan untuk diskusi atau bertanya pada tutor terkait pelajaran yang belum dipahami. Karena merupakan fitur premium sehingga siswa hanya bisa mengakses semua kelas jika berlangganan. Tapi tenang saja, kalau belum sempat berlangganan masih ada kelas yang bisa diakses secara gratis. Kelas free trialnya juga ada kok.
  • Content Library, di aplikasi ini siswa dapat dengan mudah menemukan berbagai konten pendidikan. Ada lebih dari 100 ribu konten mulai dari ilmu matematika, sains hingga sosial, lengkap banget.

Offline

Tidak hanya menyuguhkan pembelajaran daring, bimbel ini juga punya kelas offline yaitu New Primagama powered by Zenius.

Melalui kelas offline, Zenius menerapkan hybird learning yaitu model pembelajaran dengan dua guru. Dengan metode ini siswa dapat berbagai konsep materi secara virtual maupun belajar langsung di kelas.

Itu dia beberapa kegunaan aplikasi Zenius. Dengan semua keunggulan yang dimiliki aplikasi ini sayang banget lho kalau nggak dimanfaatin dengan baik.

Apalagi unduhnya gratis, mauk akses aplikasinya tanpa berlangganan pun tak masalah. Namun kalau mau memaksimal penggunaan aplikasi Zenius sebaiknya sih ambil paket premium.

Mumpung saat ini Zenius Education menetapkan biaya berlangganan yang lebih terjangkau untuk paket belajar yang ada di ekosistem pembelajaran Zenius.

Jadi mulai tahun ajaran baru nanti, paket belajar Zenius dapat diakses mulai dengan Rp199,000 per tahun. Seluruh paket yang ditawarkan juga sudah dilengkapi dengan fitur Zenius Live Class lho sehingga siswa bisa belajar dengan didampingi langsung oleh tutor-tutor berpengalaman.

Kesimpulan

Akses berbagai fitur Zenius termasuk Zenius Live Class

Demikian ulasan Cerita Ayah mengenai Zenius Education, aplikasi belajar online yang sangat bermanfaat karena dapat mendukung semua siswa dengan berbagai gaya belajar lewat pemahaman konsep dan fitur-fiturnya yang canggih.

So far, apapun gaya belajar anak kita, tidak perlu khawatir dan pusing mikirin cara belajarnya. Bersama Zenius, yuk ajak anak ganti cara belajar yang penting-penting aja. Karena yang paling dibutuhkan dalam proses belajar adalah pemahaman konsep, bukan sekadar dihapal lalu dilupakan.

46 komentar untuk "Zenius Education Dukung Siswa dengan Berbagai Gaya Belajar"

  1. Nah, ini dia. Cara belajar anak beda-beda. Sulung saya suka musik, bungsu suka membaca berulang. Terima kasih infonya. Menarik Zenius ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang setiap anak unik dan berbeda ya. Namun dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan seperti di Zenius anak pasti mudah memahami ya

      Hapus
  2. Semester lalu, anak-anakku pakai aplikasi Zenius lho buat ngeboost belajar di rumah soalnya selama pandemi kan pembelajaran di sekolah kurang efektif. Seneng banget anak-anak bisa mengerti pelajaran di sekolah melalui fitur Zenius tapi aku baru tahu kalau Primagama diakuisisi oleh Zenius, itu bimbel legend lho dari zaman aku sekolah terus bantu banget aku bisa lolos tes UMPTN...hehehe.

    BalasHapus
  3. Yg paling enak dari zenius adalah waktu belajar yg adaptif sehingga sangat mudah menyesuaikan dengan kegiatan anak di sekolah maupun luar sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, faktor waktu belajar yang adaptif ini, yang membuat saya menyarankan keponakan saya untuk mendaftar di zenius. Karena keponakan saya sering dapat tugas sekolah yang bikin jadwal belajar jadi berubah

      Hapus
  4. Kalau cara belajar juga disesuaikan dengan gaya belajar anak jadi makin menarik belajar di Zenius Education ini ya. Anak merasa nyaman belajar hingga waktu belajar jadi efektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikatakan makin lebih semangat lagi belajarnya ya Uni Salma.
      Apalagi teknik belajar di Zenius ini menyenangkan buat anak-anak

      Hapus
  5. Zenius ini menarik yaa, pengen coba untuk anak saya siapa tau bisa lebih baik nanti di tahun ajaran baru nanti

    BalasHapus
  6. Paling seru menurutku dr Zenius itu fitur zencore nih. Bikin nagih soalnya dan jadi nglatih kemampuan ttg konsep dasar.

    BalasHapus
  7. 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  8. Bisa jadi rekomen ke keponakan daku nih yang baru naik kelas 3, buat persiapan dia saat belajar selanjutnya makin matang

    BalasHapus
  9. Emang layak direkomendasikan ke siapa aja aplikasi Zenius ini ya. Soalnya aku dan anakku juga pake aplikasi ini. Suka sekali terutama Zencorenya

    BalasHapus
  10. nah iya betul, anak saya pembosan, apalagi suruh ngapalin, susah bbanget. cepat bosan belajar. Sepertinya Zenius cocok untuk anakku

    BalasHapus
  11. Saya termasuk yang ketagihan lihat video zenius live-nya. Soalnya bisa ikutan merefresh ilmu juga, kayak materi soal bagaimana menjadi pembicara yang baik. Bisa banget buat saya yang baru belajar untuk mau tampil di depan umum

    BalasHapus
  12. Aku jg dah pakai zenius sejak tahun lalu hihi, pakai zencorenya biar tetep bisa ngasah otak ngga tumpul meskipun belum juga lanjut sekolah lagi ahaha

    BalasHapus
  13. Zenius ini punya banyak soal-soal latihan yang bisa digunakan untuk belajar. Dan metode pembelajarannya asik banget ga bikin bosan

    BalasHapus
  14. wah, jadi makin semangat nih belajarnya anak-anak hihi.. ada zenius livenya juga, jadi makin paham dong ya sama materi pelajarannya

    BalasHapus
  15. Keren nih Zenius, anakku yang jin estetik pun bisa belajar dengan menyenangkan bersama Zenius. Aku pikir semua anak wajib coba nih..

    BalasHapus
  16. Asik nih kalau sudah kekinian, jadi ikut perkembangan jaman juga yaaa jadi lebih seru, keren ah Zenius ini ❤️

    BalasHapus
  17. Memahami kebutuhan anak juga perlu banget di seimbangkan dengan penghasilan keluarga.
    Dan kini ada Zenius Education yang bisa bantu mendampingi anak-anak mencari tahu terkait materi pelajaran yang dianggap sulit di sekolah.

    BalasHapus
  18. Dennise Sihombing1 Juli 2022 07.13

    Beda sekali ya kak zaman saya dulu belajar dengan cara anak sekarang. Dulu belajarnya manual, belum ada internet. Nah sekarang sudah ada Zenius Education, lengkap banget pelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan si anak

    BalasHapus
  19. Wah super lengkap fiturnya ...

    Bisa nih direkomendasikan ke anak2.

    Bener2 dah anak jaman sekarang enak bener banyak dibantu dengan platform belajar begini

    Ya anak terbantu, orang tua juga terbantu

    BalasHapus
  20. Konsep belajar yg diterapkan zenius ini sippp bgt dan cocok dgn kondisi anak sekarang.
    Belajar should be FUN 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga yaa..
      Dengan keterpaksaan, biasanya jadi susah masuknya tuh pelajaran. Dan dengan Aplikasi Zenius, belajar bisa menyesuaikan waktunya.

      Hapus
  21. seneng baca tentang Zenius Education dari sudut pandang seorang ayah
    Saya sedang ingin membantu keponakan yang kesulitan belajar
    ibunya gak bisa bantu karena fokus mengurus anak bungsunya yang ADHD
    dengan Zenius Education kesulitan belajar bakal teratasi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh bisa membantu sekali yaa, Ambu.
      Karena zaman sekarang banyak materi yang meluas sehingga anak-anak selain membutuhkan banyak membaca dan berlatih di Zenius Education.

      Hapus
  22. Sebagai generasi 80an merasakan bagaimana sistem belajar jaman dulu 2000an dan sekarang 20 tahun kemudian. Memang sistem pembelajaran harus diubah karena ada bagian yang saya rasa sudah tidak sesuai lagi. Kita kan harus ikut perkembangan jaman juga ya

    BalasHapus
  23. Anakku yang bungsu mulai pakai Zenius ini. Kelihatannya cocok dengan gaya belajarnya. Kalau yang sulung kemarin nyoba fitur ZenCore, Katanya seruuuu.

    BalasHapus
  24. Bener pak setiap anak pasti punya gaya belajar. Makanya itu kita sebagai orang tua perlu peka dan belajar tipe belajar anak kita itu kemana apakah visual, auditory, kinestetik dll.

    BalasHapus
  25. Siapa sih yang gak kenal Zenius ya? pastinya oke banget tuh aplikasinya, untuk membantu kita dalam kegiatan pembelajaran anak-anak di rumah. Saya pun sebagai guru pernah mencoba aplikasi Zenius ini dan memang bagus sih. Kita jadi punya insight baru dari banyaknya materi dan soal yang tersedia di aplikasi. Oke banget deh.

    BalasHapus
  26. cara belajar jadi menyenangkan dg berbagai gaya ya. Terdapat latihan soal juga buat asah kemampuan anak, sngt mendukung para orangtua yang bingung mau bimbel dimana, install app zenius bisa ngebantu bgt jadinya

    BalasHapus
  27. Saya pikir Zenius Education ini hanya menyediakan layanan pembelajaran secara online aja. Kebayang kan, gimana nanti kalau udah gak pandemi, masa iya masih online. Eh ternyata bisa diikuti secara online maupun offline yaa~

    BalasHapus
  28. iya kalau Zenius lebih mementingkan pemahaman konsep, jadi gak perlu menghafal banyak hal

    BalasHapus
  29. Wah recomended banget ya anak2 belajar di Zenius. Selain materi lengkap, di Zenius juga mengikuti gaya belajar anak. Jadi anak fun belajarnya, gak gampang bosen.

    BalasHapus
  30. Dengan banyaknya gaya belajar dan semua itu bisa difasilitasi sama Zenius, wah.. Aku kagum banget nih. Tapi memang Zenius tuh oke. Soalnya aku juga pakai

    BalasHapus
  31. Anak saya pakai Zenius untuk latihan soal. Terutama matematika. Menurut dia soal-soal latihan yang disajikan Zenius tuh beragam dan rinci. Jadi selalu dapat tantangan yang menarik untuk dikulik

    BalasHapus
  32. Wah solusi belajar yang menyenangkan.. komplit sekali.. bisa les dimana saja..asyik sekali

    BalasHapus
  33. Bisa cara offline juga wah sangat membantu sih kalau pas lagi ingin mengulang pelajaran atau pas sinyal internet kurang bersahabat ya

    BalasHapus
  34. Aplikasi Zenius memberikan kemudahan belajar dan membersamai bersama keluarga. Meningkatkan pengetahuan.

    BalasHapus
  35. Enaknya saat mau jawab pertanyaan bisa langsung tahu ya ketika jawabannya benar atau salah. Kalau begitu bisa langsung perbaiki deh. Memang makin menarik pakai Zenius buat belajar nih dengan fiturnya yang juga kekinian.

    BalasHapus
  36. Zenius ini punya banyak keebihan ya. Apalagi ekosistem pembelajar online-offline yang membantu dan memudahkan siswa untuk fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien.

    BalasHapus
  37. Perlu dicoba banget ini, pas banget anak saya sepertinya butuh Zenius, harganya terjangkau pula ya.
    Apalagi bisa offline juga ya, keren inovasinya :)

    BalasHapus
  38. Belajar memang membutuhkan dukungan keluarga terdekat dengan anak. Zenius membantu dukungan belajar tersebut.

    BalasHapus
  39. Zenius Education menghadirkan banyak inovasi dan kemudahan untuk belajar hal yang penting-penting saja. Ponakan saya sangat suka dengan Zenius ini

    BalasHapus
  40. Setuju. Konsep lebih penting daripada menghafal. Karena paham konsep, bisa paham hafalan dan mengerti tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran. Zenius keren nih karena menerapkan pemahaman konsep dengan ganti cara belajar yang lebih efektif

    BalasHapus
  41. keren nih inovasi zenius
    anak-anak jadi bisa belajar dengan mudah tanpa stres yang menjadikan mereka lebih mudah memahami pelajaran

    BalasHapus