Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Dekspanthenol untuk Kulit

manfaat Dekspanthenol untuk kulit

Halo. Cerita Ayah di postingan kali ini ingin berbagi informasi mengenai manfaat Dekspanthenol untuk kulit. Mungkin para pembaca masih asing dengan istilah ini.

Dekspanthenol dikenal juga sebagai vitamin B5 merupakan anggota keluarga vitamin B kompleks yang memiliki fungsi spesifik untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. 

Vitamin ini bekerja bersama metabolisme tubuh memecah protein, karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan sel-sel kulit untuk bisa berfungsi dengan normal.

Dekspanthenol juga mendukung pembentukan sel darah merah serta hormone steroid yang memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh sel kulit sehingga kulit mendapatkan semua zat yang dibutuhkannya. 

Tidak hanya bekerja dari dalam, manfaat dekspanthenol juga terlihat ketika digunakan di luar misalnya saat dioleskan ke permukaan kulit melalui krim atau salep.

Itulah sebabnya, komponen ini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit termasuk salep ruam untuk bayi dan juga ibu menyusui. 

Manfaat Dekspanthenol untuk Kulit

Dengan penggunaan teratur, salep dan krim yang mengandung dekspanthenol dapat memberikan setidaknya 5 manfaat utama berikut ini:

Menjaga kelembaban kulit

Banyak jenis iritasi kulit yang disebabkan oleh kondisi kulit yang kering atau kehilangan kelembabannya, misalnya ruam popok atau psoriasis. 

Nah, ini manfaat Dekspanthenol yang pertama yaitu dapat mengembalikan kelembaban alami kulit karena memiliki sifat humectant yang berarti dapat menarik air secara spesifik ke sel-sel kulit lalu menguncinya sehingga kulit terhidrasi maksimal. 

Penguncian kadar air dalam sel juga membuat kulit tidak mudah kering. Saat dalam kondisi lembab dan terhidrasi dengan baik, tekstur kulit menjadi lebih lembut dan nampak segar seperti kulit bayi.

Mempercepat penyembuhan luka

Selain mampu menarik air dan menguncinya di dalam sel-sel kulit, dekspanthenol juga memiliki kemampuan merangsang pembentukan kolagen alami yang dibutuhkan supaya luka cepat menutup dan kulit dapat beregenerasi dengan baik. 

Itulah alasannya banyak salep ruam popok menggunakan dekspanthenol sebagai komponen utamanya. 

Jika rutin diaplikasikan pada ruam yang lecet, ataupun luka lecet pada puting karena menyusui, penyembuhan akan lebih cepat dan rasa nyeri dapat berkurang.

Meredakan peradangan

Kemerahan dan rasa gatal yang mengganggu merupakan beberapa tanda terjadinya iritasi pada kulit yang terjadi karena gesekan dengan permukaan kain ataupun reaksi alergi tertentu. 

Kemerahan ini disebut sebagai peradangan. Dekspanthenol sendiri memiliki efek antiinflamasi yang membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit buah hati yang sedang mengalami ruam popok. 

Efek antiinflamasi tersebut juga membantu menenangkan kulit yang sedang iritasi sehingga dengan pemakaian teratur, rasa tidak nyaman seperti sensasi panas ataupun gatal akan berangsur mereda.

Menjaga keremajaan kulit 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dekspanthenol atau vitamin B5 memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen alami dalam kulit yang membantu penyembuhan luka.

Selain itu, kolagen yang dihasilkan oleh kulit ternyata juga memberikan peran besar dalam keremajaan kulit dimana dengan penggunaan dekspanthenol secara teratur.

Nantinya kulit menjadi lebih lembut dan kenyal seperti kulit bayi. Kandungan kolagen tinggi pada kulit juga membantu menyamarkan garis halus tanpa penuaan.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Efek buruk lingkungan ini akan paling jelas terlihat pada kulit yang berubah jadi gelap, kusam serta mengalami flek.

Dekspanthenol bukan hanya merangsang pembentukan kolagen, namun juga glutathione yang menjauhkan kulit dari ancaman radikal bebas. 

Demikian ulasan mengenai manfaat Dekspanthenol untuk kulit. Dimana Dekspanthenol atau vitamin B5 memiliki banyak manfaat buat kulit, baik pada bayi yang mengalami ruam popok, ibu menyusui yang mengalami lecet puting dan bahkan orang dewasa dengan keluhan penuaan. 

Untuk itu, menggunakan produk salep atau krim dengan komponen tersebut disarankan supaya kondisi kulit selalu terjaga.

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi :

  • Carissa Stephen, Home Remedies for Diaper Rash, Healthline, 29 November 2021. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#keep-it-clean-and-dry
  • Rose Wilson, Vitamin B5, Medicalnewstoday, 24 April 2017. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601
  • Dendy Engelman, Panthenol for Sin, Byrdie, 17 Oktober 2021. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218 


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Dekspanthenol untuk Kulit"