Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis

7 Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis

Bagaimana cara memilih aplikasi kasir terbaik? Pertanyaan tersebut pasti terlintas di benak kamu yang memiliki usaha. 

Zaman sekarang teknologi memang sudah sangat canggih sehingga kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pos untuk melancarkan usaha.

Mengingat proses transaksi penjualan yang dilakukan secara manual memakan waktu banyak. Beda halnya jika kamu beralih ke aplikasi kasir yang prosesnya cepat sehingga menghemat waktu dan bahkan juga biaya.

Nah, kalau kamu belum pernah memanfaatkan teknologi yang satu ini, kamu pastinya akan bingung memilih aplikasi pencatat keuangan digital terbaik. Untuk itu kamu bisa menerapkan tips memilih aplikasi kasir terbaik yang akan Cerita Ayah ulas kali ini.

Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Aplikasi kasir online untuk bisnis
Source : Canva

Dengan banyaknya layanan software pos yang tersedia pasti membuat kamu bingung. Apalagi sebelumnya kamu belum pernah menggunakan aplikasi digital ini untuk bisnis. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih aplikasi kasir terbaik :

Kenali kebutuhan bisnis

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi kasir online yang tepat hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan bisnis kamu. Dengan demikian kamu bisa menemukan aplikasi pos yang tepat.

Sisrem kasir online biasanya memang menyediakan banyak fitur seperti laporan penjualan, stok barang, mencetak struk dan lain sebagainya. Namun perlu kamu ketahui bahwa tidak semua sistem yang dimiliki aplikasi tersebut menawarkan fitur yang kamu butuhkan.

Misal, kamu hanya membutuhkan fitur berupa pencatatan penjualan harian dan mencetak struk. Nah, dengan mengetahui kebutuhan bisnis kamu ini tentu akan memudahkan kamu dalam memilih software pos yang tepat.

Mudah digunakan dan user friendly

Salah satu kriteria yang dimiliki aplikasi pos terbaik adalah mudah digunakan. Selain itu aplikasi tersebut juga user friendly, dalam artian bisa diakses oleh kamu sebagai pemilik usaha maupun karyawan.

Oleh sebabnya, tips kedua ini jangan sampai kamu lewatkan. Pastikan kamu memilih software kasir online yang memudahkan kamu mengakses semua fitur dengan cepat dan mudah.

Pastikan juga aplikasi tersebut memiliki tampilan dan penggunaan yang user-friendly sehingga karyawan kamu juga mudah mengaksesnya.

Memiliki fitur-fitur penting untuk bisnis

Semua fitur yang terdapat pada aplikasi kasir sudah terbukti dapat membantu melancarkan kegiatan operasioan bisnis. 

Namun seperti yang disinggung di atas, pilihlah aplikasi yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mengecek fitur-fitur yang ditawarkan penyedia layanan software POS sebelum membeli.

Nah, salah satu fitur krusial atau wajib yang biasanya diincar para pebisis dalam aplikasi ini adalah fitur pencatatan, mulai dari pencatatan stok barang, transaksi masuk, transaksi keluar, rekap data penjualan. 

Sistem keamanannya terjamin

Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan dalam memilih aplikasi kasir yaitu mempertimbangkan sistem keamanannya.

Dalam mengakses aplikasi kasir pastinya akan ada banyak data-data penting terkait bisnis yang kamu kelola, baik itu berupa data transaksi pelanggan, jumlah stok barang dan lain sebagainya.

Tentu kamu tidak ingin data-data penting tersebut dengan mudah bocor, kan? Untuk itu pastikan kamu hanya memilih sistem pos kasir yang menawarkan keamanan ketat. Pastikan juga hanya kamu dan orang terpercaya yang bisa mengakses software kasir tersebut.

Terhubung ke Cloud

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih aplikasi kasir yang sudah terhubung dengan Cloud.

Tentu akan lebih mudah menggunakan aplikasi kasir yang sudah terhubung dengan internet karena dengan begitu kamu bisa mengakses laporan penjualan kapan pun dan dimana pun.

Mengelola usaha pun jadi lebih tenang karena tugas kamu cukup mengawasi dan mengontrol setiap transaksi yang masuk tanpa harus selalu stand bye di toko. Benar-benar memudahkan, bukan?

Tersedia berbagai metode pembayaran

Sekarang zamannya serba digital, termasuk dalam bertransaksi. Terlebih saat ini banyak yang memilih belanja online dengan menggunakan pembayaran digital.

Nah, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembayaran di toko, sebaiknya pilihlah aplikasi kasir berbasis cloud yang menyediakan banyak metode pembayaran.

Dengan begitu kamu bisa memasukkan metode pembayaran digital seperti transfer bank maupun via QRIS atau dompet digital agar pelanggan dapat melakukan pembayaran lebih praktis.

Sesuaikan dengan budget

Langkah selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah terkait masalah anggaran. Tidak hanya memilih aplikasi sesuai kebutuhan tetapi kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki

Umumnya jika harga aplikasinya murah, maka pasti layanan dan fiturnya kurang. Sebaliknya, bila layanan dan fiturnya unggul, maka sudah pasti harganya juga sedikit lebih mahal. Untuk itu kembali lagi ke kebutuhan dan anggaran yang kamu sediakan.

Atau sebagai alternatif lain, kamu bisa memilih aplikasi kasir dengan harga yang terjangkau dengan layanan dan fitur yang cukup sesuai kebutuhan bisnis kamu.

Untuk itu kamu bisa mempertimbangkan MOKA POS. Aplikasi kasir yang satu ini menyediakan masa trial selama 14 hari sehingga kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Dengan demikian kamu bisa mencari tahu lebih dalam terkait fitur, sistem keamanan dan keunggulan lain yang dimiliki MOKA POS. Adanya tawaran ini tentu akan sangat membantu kamu dalam memilih aplikasi kasir yang tepat sesuai kebutuhan bisnis kamu.

Itu dia beberapa cara memilih aplikasi terbaik untuk bisnis. Sekarang sudah tidak bingung lagi, kan?

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat.

16 komentar untuk "7 Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis"

  1. Kriteria cara memilih aplikasinya penting semua, nih. Perlu teliti memilih biar pas dengan kebutuhan, ya

    BalasHapus
  2. Aplikasi kasir ini salah satu elemen penting dalam bisnis. Pencatatan keuangan masuk dan keluar kudu benar. kalau ada aplikasi yang teliti dan sesuai kebutuhan penjualan emang kudu dipake apalagi sekarang yang semuanya sudah serba modern

    BalasHapus
  3. Saya kebetulan kemarin menemani keponakan beli sepatu. Pas mau bayar di kasir, agak tersendat. itu karena cewek di depan saya terkendala bayar. Dia mau debit, tapi takut kepotong admin karena beda bank. mau bayar pake e-wallet, tidak bisa. Mau pakai Qris juga tidak bisa. Bisanya tunai. Untung saya ada uang tunai hehehe.
    Dari situ memang masalah kasir satu elemen penting dalam bisnis. pembayaran mudah, cepat, dan bisa bayar pakai apa saja, membuat antrean di kasir tidak panjang juga.

    BalasHapus
  4. Sekarang enak ya bisnis apa2 gampang. Kasir juga udah ada aplikasinya. Ngga perlu rekrut orang ya kecuali kalo bisnisnya udah besar hehe dna pasti aplikasinya yg lebih komplit

    BalasHapus
  5. Punya jiwa bisnis gak asyik kalau belum disertai aplikasi kasir ini ya. Makin bagus prospek bisnisnya memang jika disertai kecanggihan teknologi yang mempermudah urusan bisnis dan perintilannya

    BalasHapus
  6. Terbukanya informasi melalui internet memudahkan pelaku bisnis dalam memilih aplikasi yang tepat.

    Berbagai macam aplikasi untuk menunjang bisnis mudah di dapatkan saat ini, dengan harga yg beragam pula.

    BalasHapus
  7. User friendly seperti aplikasi kasir ini bisa jadi pilihan, karena untuk pemula bisa cepat untuk mengoperasikannya. Sehingga efisien buat para pelaku usaha

    BalasHapus
  8. Di era serba digital ini benar-benar bisa mempermudah kita ya, termasuk dalam menggunakan aplikasi kasir seperti MOKA POS. Bisa membantu para pembisnis banget kan

    BalasHapus
  9. Keren nih buat yang mau buka usaha, pake aplikasi kasir aja biar gampang ya mencatat hitung-hitungan transaksinya. Teknologi makin memudahkan.

    BalasHapus
  10. Memilih aplikasi kasir yg tepat ini penting bgt, apalagi yg mau buka usaha sendiri. Entah dalam bidang kuliner atau penjualan lainnya.

    Jadi segala transaksi bisa tercatat dan juga cepat. Gak perlu manual dilakukan lagi

    BalasHapus
  11. Sering banget kafe2 yg laris itu pakai aplikasi kasir gituu dan kayaknya oke yaa kak untuk bisnis kecil hingga besar, auto kesave realtime gitu ngga sih laporannyaa

    BalasHapus
  12. seru ya sekarang kasir aja ada aplikasinya. makin gampang berbisnis udah gak perlu konvensional lagi haha

    BalasHapus
  13. Dengan adanya aplikasi kasir ini, tidak hanya owner yg diuntungkan tapi juga para karyawan, ya. Semua bisa mengakses data yg akurat karena real time, keren ih

    BalasHapus
  14. Iya, kalau user friendly kan jadi lebih mudah adaptasi menggunakan apps kasir yang bisa bantu seluruh kebutuhan saat menjalankan bisnis. Ditambah lagi kalau fiturnya banyak dan mudah. Waah...makin memudahkan pekerjaan.

    BalasHapus
  15. enaknya kalau ada aplikasi yang punya masa free trial kayak moka pos ini jadi bisa menjajal apakah aplikasi sesuai ama kebutuhan kita. perlu kita kulik semua fitur biar sreg kalau mau lanjutin plan

    BalasHapus