Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zenfone 9, High Performance for Engineering

Lingkungan kerja yang berdebu, bervibrasi dan juga bertemperatur diatas temperatur ruang merupakan lingkungan kerja bagi seorang Mechanical Engineer, khususnya seperti saya sebagai seorang Mechanical Engineer for Cement Plant. Mengapa? Karena Mechanical Engineer harus dapat mengaplikasikan prinsip dari ilmu fisika yaitu mekanika, kinematika dan dinamika teknik, material teknik, termodinamika dan juga energi. 

Untuk menunjang sebuah laporan, seorang mechanical engineer maupun mechanical inspector harus menyuguhkan data yang sesuai actual di lapangan. 

Data tersebut diantaranya berupa foto, video hingga data hasil penggunaan alat ukur. 
Seringkali pengambilan data berupa foto dan video menjadi momok yang berbahaya secara tiba-tiba.

Mengapa? Karena seringkali sebuah smartphone yang digunakan untuk mengambil foto dan video ternyata hasilnya buram karena lingkungan kerja yang bervibrasi. 


Dapat diumpamakan saat seseorang ingin mengambil video di atas kendaraan pada saat melewati jalan berlubang, hasilnya cenderung kurang jelas atau stabil.

Sedangkan untuk data pada saat equipment dalam keadaan stop, seringkali pengambilan data dilakukan dalam kondisi yang sulit, seperti pengambilan data di ketinggian, tangan kiri memegang alat ukur dan tangan kanan memegang smartphone ditambah lagi kondisi tangan yang agak lelah jika pengambilan data dilakukan dalam waktu lama. 

Terus saat ingin mengulang pengambilan foto dan video, equipment-nya sudah di-running-kan untuk kembali berproduksi dan tidak mungkin untuk melakukan pengambilan data dan foto pada saat itu. 

Menjelaskan data dengan foto dan video yang buram, bukannya mendapatkan jempol dari atasan, yang ada hanyalah ocehan, makian karena kurang teliti dalam mengambil data. 

Selain sebagai Mechanical Engineer, saya juga mulai menggeluti dunia blogging dan influencer

Hal ini semakin menambah kebutuhan saya pada kualitas smartphone namun dalam ukuran yang sangat ergonomis.

Sama halnya ketika mengambil data engineering, tantangan untuk seorang influencer yaitu bagaimana bisa dapat menghasilkan foto dan video yang relatif stabil saat dalam keadaan berjalan maupun berkendara serta pada objek bergerak.

Kini, saya tidak perlu khawatir lagi saat melakukan profesi saya sebagai mechanical engineer sekaligus sebagai influencer.

Mengapa? Karena Asus telah menjawab kendala yang selama ini saya hadapi melalui Asus Zenfone 9, Si Mungil kamera gimbal, auto bebas ghosting serta performance yang powerfull.

Asus Zenfone 9 yang telah diluncurkan pada 17 November 2022 lalu, dirancang dengan sejumlah upgrade yang signifikan yang mampu menunjang performa yang super powerfull untuk pengalaman ponsel flagship yang ultra-compactultra-stylish dan ultra-speedy untuk penggunanya di Indonesia.

Kita simak yuk satu per satu keunggulan Zenphone 9.

Desain Kompak dan ergonomis tinggi



Dengan proses redesign pada generasi terbaru Zenfone 9, tentunya mampu menghasilkan tampilan yang premium dan berkelas. 

Ditunjang dengan layar yang berukuran 5.9 inch, panjang kurang dari 14.8 cm dan lebar kurang dari 7 cm, Zenfone 9 sudah pasti memiliki nilai ergonomis yang tinggi, karena sangat pas ditangan dan saku pada umumnya.

Selain itu, dengan penggunaan high-grip texture memiliki kesan yang kokoh dan tangguh karena telah tersertifikasi IP68 yaitu sudah anti air dan debu. Dengan demikian, ponsel ini sudah memberikan kenyamanan sesuai dengan lingkungan aktivitas penggunanya.

Zenfone 9 pun dibekali dengan ZenUI 9 yang mampu mencapai performa yang lebih cepat, mulus, sekaligus lebih pintar yang disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah.

Dengan sistem antarmuka ini, Zenfone 9 dapat di navigasikan lebih mudah. Adanya tool edge, pengguna mampu menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat.

Zenfone 9 juga hadir dengan empat pilihan warna yaitu Moon Light White, Sunset Red, Starry Blue dan Midnight Black.

Bagaimana Sobat Cerita Ayah? Keren kan?Tentunya dong. 

Menggunakan Zenfone 9 untuk profesi engineering maupun profesi influencer pasti sangat nyaman. Semua kalanganpun pasti akan merasakan kenyamanan smartphone yang mungil tapi high performance ini.

Kamera Gimbal, Auto Bebas Ghosting

Generasi Zenfone 9 saat ini juga dilengkapi dengan sistem kamera terbaru. Generasi ini sudah menggunakan kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade.

Kamera utama Zenfone 9 juga telah dilengkapi fitur terbaru yaitu sistem kamera berteknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization.

Dengan resolusi 50 MP pada kamera utamanya dan dilengkapi dengan sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9 tentunya sangat mampu merekam video 8k dengan kecepatan 24fps.

Lebih lanjut lagi pada teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization mampu menjaga rekaman yang bebas dari blur dan guncangan, bahkan jika anda bergerak.

Fitur inilah yang memantau berbagai arah gerakan Zenfone 9, lalu menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan posisi kamera secara real-time, sehingga kamera utamanya mampu merekam objek apapun tanpa perlu takut akan distorsi optik atau 'ghosting'.

Dilengkapi dengan algoritma anti-guncangan dalam sistem Electronic Image Stabilization (EIS), kamera utama Zenfone 9 mampu menghilangkan efek dari gerakan-gerakan yang tidak diinginkan. Alhasil, hasil rekaman Sobat Cerita Ayah akan super smooth, bebas getaran/goyangan, layaknya hasil rekaman seorang profesional handal.

Kamera kedua dibelakang dilengkapi dengan kamera yang ultra-wide beresolusi 12MP dengan sensor SONY IMX663 dengan aperture mencapai F2.45 dan mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan sistem EIS dan pengoreksi distorsi yang juga real-time dan mampu merekam gambat makro dengan fokus hingga 4 cm.

Gimana nih Sobat Cerita Ayah, mantapkan!

Nah, lanjut pada kamera depannya yang menggunakan sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45, mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30fps setara dengan FHD berkecepatan 60fps dan juga dilengkapi dengan sistem EIS loh, Sobat Cerita Ayah. Makin muantap kan.

High Performance & Powerfull

Dilengkapi dengan processor flagship terbaru Snapdragon® 8+Gen 1 Mobile platform yang lebih powerfull dan lebih galak. 

Chip ini mampu mencapai CPU clock speed hingga 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi 30% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dilengkapi pula dengan LPDDR5 RAM hingga 16 GB dan UFS 3.1 storage yang mampu meminimalisir potensi bottleneck.

Kapasitas baterai hingga 4300 mAh, membuat penggunanya mampu menikmati performa terbaik Zenfone 9 lebih lama dibanding generasi sebelumnya.

Mampu pula melakukan proses pengisian daya lebih cepat meskipun kapasitas baterainya 4300mAh karena meminjam teknologi STP (Specifik Tab Process) dari ROG Phone 6 untuk pengisian lebih adem dan cepat sehingga bisa menggunakan adaptor Hyper Charger 30W.

Visual Terbaik

Layar Zenfone 9 sudah menggunakan layar AMOLED yang mendukung secara otomatis refresh rate dari 60, 90 hingga 120 Hz dengan waktu respon 1 ms.

Para users tentunya akan memiliki kesan yang lebih smooth saat mengakses berbagai aplikasi di ponsel mungil ini. 

Dengan memiliki tingkat brightness hingga 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits, kualitas gambar yang dihasilkanpun tetap jernih meskipun pengguna berada diluar ruangan.

Audio Jernih

Dilengkapi dengan dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dan jack audio 3.5 mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC yang terbaru, membuat kualitas audio yang dihasilkan Zenfone 9 lebih impresif lagi. Sehingga ponsel ini, bisa pula diandalkan sebagai sumber entertainment penggunanya.

Nah, sebagai kesimpulan, ponsel zenfone 9 dari Asus ini memiliki design yang super kompak dan simple. Sangat menunjang bagi penggunanya yang memiliki tingkat mobilisasi yang tinggi karena sangat nyaman ditangan dan disaku.

Didukung pula dengan sistem kamera yang high performance, jadi bagi Sobat Cerita Ayah yang ingin mengabadikan moment terindah maupun untuk kebutuhan profesi di lingkungan mana pun, sudah tidak perlu takut akan efek guncangan karena ponsel kameranya sudah didesign untuk anti guncangan, air dan juga debu.

Begitu pula dengan kapasitas baterai 4300 mAh untuk pengguna yang ingin merasakan kenyamanan ponsel yang lebih lama.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, Asus Exclusive Store, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari.

Posting Komentar untuk "Zenfone 9, High Performance for Engineering"