Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ayah Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Cara ayah mendukung pertumbuhan si kecil

Bagaimana sih cara ayah mendukung pertumbuhan si kecil? Karena sudah tahu pentingnya peran ayah bagi anak terutama dalam masa tumbuh kembangnya maka jangan dianggap sepele lagi. 

Sesibuk apa pun pekerjaan ayah di luar rumah, yuk tetap usahakan sisihkan waktu sebisa mungkin untuk terlibat dalam pengasuhan si kecil.

Walau tidak bisa membersamai sepanjang waktu, masih ada banyak hal kok yang bisa ayah lakukan untuk membangun bonding dengan sang buah hati. Yuk kita bahas!

Cara Ayah Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Ada berbagai cara sederhana yang bisa ayah lakukan untuk terlibat dalam pertumbuhan anak. Dengan cara-cara yang akan di ulas di bawah ini diharapkan dapat membangun ikatan yang kuat antara ayah dan si kecil.

Keterlibatan atau kedekatan ayah dengan anak inilah yang akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan anak. Berikut ini tips yang bisa ayah terapkan!

Terlibat dalam pengasuhan si kecil sejak bayi

Sejatinya pengasuhan anak bukan hanya merupakan tugas seorang ibu melainkan juga ayah. Maka sudah semestinya ayah ikut terlibat dalam pengasuhan si kecil sejak baru dilahirkan.

Terlebih ketika ibu masih dalam masa pemulihan pasca melahirkan. Di sini ayah bisa berperan ikut menenangkan si kecil ketika menangis tengah malam,  membantu menggantikan popok, maupun memandikan bayi.

Selain itu penting juga bagi ayah untuk memberikan dukungan kepada ibu agar dapat memberikan ASI eksklusif dengan lancar. Tentunya kehadiran ayah bisa menjadi support system terbaik bagi ibu menyusui.

Sering ajak anak bicara

Ikatan ayah dan anak juga dapat dibangun lewat komunikasi yang intens. Seringlah mengajak anak berbicara. Bahkan cara ini sudah dapat ayah lakukan sejak si kecil masih dalam kandungan.

Bayi yang sudah sering mendengar suara orang tuanya sejak masih di dalam perut akan cepat mengenali sosok ayah dan ibuya. Dengan demikian bonding pun akan segera terbentuk.

Jika kebiasaan mengajak anak berbicara ini diteruskan tentu akan membawa berbagai manfaat lainnya. Salah satunya adalah si kecil akan cepat berbicara dan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar.

Berikan sentuhan lembut

Selain mengajak komunikasi, ayah dapat menjalin kedekatan dengan anak melalui sentuhan. 

Rajinlah untuk memberikan sentuhan lembut pada si kecil misal dengan sering mengusap rambutnya, memeluk maupun mencium anak. Dengan begitu anak akan merasakan kasih sayang ayahnya.

Menggendong anak

Tentu saja, menggendong bukan hanya menjadi tugas seorang ibu. Ayah pun dituntut untuk sering menggendong bayinya ketika berada di rumah.

Terlebih aktivitas ini terbukti dapat membangun bonding yang kuat dengan anak. Tidak hanya itu, menggendong anak terutama yang masih usia bayi memiliki sejumlah manfaat lainnya seperti membantu perkembangan fisik bayi, mengurangi bayi muntah, mengalani GERD, hingga menghindarkan dari risiko otitis media atau infeksi telinga yang sering dialami bayi.

Bermain bersama anak

Dunia anak adalah bermain. Sehingga termasuk cara efektif untuk membangun kedekatan dengan anak adalah dengan ikut bermain bersamanya

Tidak dimungkiri banyak ayah yang mengaku tidak sempat bermain dengan si kecil karena alasan sibuk. Lantaran menganggap aktivitas ini cukup menyita waktu. 

Padahal menemani dan ikut anak bermain ini tidak harus memakan waktu sampai berjam-jam. Ayah hanya perlu meluangkan waktu minimal 15 menit saja setiap harinya. 

Itu dia beberapa cara yang bisa ayah lakukan untuk membangun kedekatan bersama si kecil. Ingat, anak juga manusia jadi sudah seharusnya kita memahaminya dengan baik. 

Dalam hal ini,  tidak harus melakukan hal yang besar dan mewah. Cukup dengan hal-hal yang sederhana saja. Waktu berkualitas yang ayah luangkan pastinya akan sangat bermakna bagi si kecil.

Sekian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Ayah Mendukung Pertumbuhan Si Kecil"