Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review buku @ANAK JUGA MANUSIA

 

Review buku @ANAK JUGA MANUSIA

Bismillah, 

"Hidup ini sungguh sederhana...

Jika kita menanam melinjo, akan tumbuhlah pohon melinjo. 

Jika kita menanam biji apel, tumbuhlah pohon apel. 

Jadi, apa yang ingin kita tanam pada anak-anak kita, pilihannya ada pada kita... 

Semoga kita diberi kesempatan menanam yang terbaik. "

Kutipan di atas merupakan salah satu dari sekian banyak kutipan yang ada di dalam buku @anak juga manusia, yang membuat saya terenyuh betapa banyaknya berita tentang perlakuan seorang anak terhadap orang tuanya. 

Dimana perlakuan tersebut bisa jadi merupakan cerminan didikan orang tua terhadap anaknya semasa kecil hingga dewasa. 

Akibat pola asuh yang salah pada saat anak masih berada pada fase awal kehidupan dalam membentuk basic trust atau kepercayaan dasar dapat menimbulkan kecemasan dan menjadi masalah emosi yang tidak teratasi yang pada akhirnya dapat menjadi bom waktu pada saat anak dewasa. 

Buku ini sangat recomended buat calon orang tua maupun para orang tua untuk dijadikan buku bacaan dan sebagai bekal dalam mendidik anak-anak hingga mereka mandiri dalam menjalani hidup mereka masing-masing. 

Buku ini saya dapatkan di salah satu mall di Depok ketika pulang dari kegiatan komunitas di pesisir Lampung. Saya berinisiatif membeli buku ini dikarenakan saat itu, saya boleh dibilang aktif di komunitas sosial khususnya dalam mengajar anak-anak di daerah pelosok maupun di daerah terisolir. 

Saya pribadi mencoba aktif di beberapa komunitas sosial bukan karena background pendidikan saya dari jurusan pendidikan,kesehatan maupun psikologi, tetapi Saya merupakan alumni teknik mesin dari salah satu universitas di Makassar. 

Hanya saja Saya belajar dari Ayah saya yang seorang pendidik dan mempunyai antusias yang tinggi terhadap beberapa keluarga untuk tetap melanjutkan pendidikan mereka minimal jenjang S1. 

Saat itu, saya sadar bahwa mendidik anak-anak bukanlah hal yang mudah dan pastinya butuh kesabaran tingkat tinggi. 

Gambaran Buku

Buku ini ditulis oleh Angga Setiawan dengan jumlah halaman 198 hlm, berukuran 15x20 cm. 

Buku yang dengan gaya bahasa sangat ringan, mudah dipahami dan pastinya isinya "daging" semua. 

Isi Buku

Ada 21 tema dalam buku ini yaitu:

  1. Belum Punya Pengalaman vs Sudah Punya Pengalaman
  2. Waktu Berjalan Cepat
  3. Pendidikan Rumah
  4. Kekuatan Kata-Kata
  5. The Power of Water
  6. Jika Anak Jatuh Cinta
  7. Membangun Konsep Diri Positif pada Anak
  8. Sudah Bahagiakah Anak Anda? 
  9. Pertanyaan Unik Anak
  10. Anak-anak Kita (Sebuah Renungan) 
  11. Ibu Terbaik untuk Anak
  12. Kemampuan Otak Manusia
  13. Komunikasi Bukan Hanya Penting, tetapi adalah Kunci
  14. Si Genius itu ada di Rumah Kita
  15. Kemampuan Menyelesaikan Masalah
  16. Cara Anak Menerima Cinta
  17. Teknik Membandingkan yang Baik
  18. Membangun Kedekatan dengan Anak Saat Liburan
  19. Nilai Terbaik untuk Anak
  20. Sempurnakah Anak Anda? 
  21. Tuhan Menjawab Doa melalui Kesempatan

Kutipan-kutipan yang menginspirasi

Dengan kalimat yang sederhana dan pastinya sangat mudah dipahami serta tampilan isinya yang menurut saya minimalis, menjadikan buku ini sebagai salah satu buku yang pernah saya selesaikan dalam semalam dan menjadi buku bacaan di kantor pada saat waktu senggang. 







Contoh Tokoh


Ketika para orang tua ditanya tentang "Apa yang diharapkan dari anaknya? ", maka pastilah mereka menjawab mampu melakukan hal-hal yang hebat. 

Seperti apakah orang-orang yang hebat itu? Apakah seperti orang-orang sukses sekelas pengusaha-pengusaha sukses atau seperti BJ Habibie yang kegeniusannya sangat diakui dunia. 

Nah, jika begitu di rumah kita ada seorang yang genius yang suatu saat nanti akan memainkan perannya bagi kehidupan ini. (Hlm. 111).

Jadi, buku ini mengajak kepada para orang tua agar lebih memanusiakan anak, menjadikan diri dan hati sebagai sarana belajar yang baik serta saling mengingatkan untuk menyiapkan anak-anak yang akan menggantikan peran-peran kita. 

44 komentar untuk "Review buku @ANAK JUGA MANUSIA"

  1. Sepertinya cukup menarik dengan buku ini mas,, kayaknya langsung saya lanjutnkan ke daftr buku yang harus beli di akhir tahun ini ...

    BalasHapus
  2. Bagus kak bukunya, biar anak-anak bisa dihargai juga pemikiran dan duniannya. Biasanya kan mereka suka gak dianggap pendapatnya juga.

    BalasHapus
  3. Aku setiap baca postingan instagramnya aja rasanya mau nangis. Gimana baca bukunya yaa huhu. Tapi pengen beli biar ketampar terus dan lebih mindfull dalam mengurus anak.

    BalasHapus
  4. Bukunya baguss, pingin beli tapi belum kebeli juga. Hiks. Pernah dapat spoilernya dari salah satu wali murid dulu.

    BalasHapus
  5. Sepertinya bukunya bagus ya Kak. Jadi tertarik nih. Butuh banget panduan seperti ini agar tidak salah mendidik sekaligus dapat ilmu parenting yang berbobot...

    BalasHapus
  6. Menarik sekali bukunya untuk dibaca. Orang tua jaman dulu sering banyak tuntutan. Terutama pada pencapaian nilai akademik. Ketika terima raport, pasti pertanyaannya, dapat ranking berapa? Inilah yang sampai sekarang masih menjadi pertanyaan umum seorang nenek kepada cucunya. Padahal setiap anak memiliki skill yang berbeda. Ia bisa saja tidak memiliki nilai akademik yang bagus namun ia pandai bermain gitar, atau pandai melukis. Kadang keahlian2 semacam ini yang kurang diakui. Dengan membaca buku ini bisa menjadi pedoman orang tua supaya tidak menjudge anak dengan sebutan yang kurang bagus.

    BalasHapus
  7. Benih pendidik dari ayah pun tumbuh dalam dirimu, ya. Buku yang keren!

    BalasHapus
  8. Anak juga manusia udah lama aku follow akun nya di Instagram, bukunya juga aku punya. Buku ini bukan hanya soal bagaimana jadi orangtua yang baik untuk anak, tapi untuk saya pribadi sebagai anak dimasa lalu. Jadi bisa berdamai dengan inner child. Buku ini bagus banget, mendidik anak dengan sudut pandang yang berbeda.

    BalasHapus
  9. Anak-anak juga perlu didengar dan dipahami oleh orangtuanya, bukan hanya orangtuanya saja yg ingin diperlakukan seperti itu ya.
    Buku yg bermanfaat ini bisa juga ya dibaca calon orangtua

    BalasHapus
  10. Kalau baca quote @anakjugamanusia itu bikin jlebbb! sering direpost juga sama temen-temenku di IG Story
    Ternyata ada bukunya ya, saya baru tahu
    Aku suka salut banget pada ayah-ayah yang mau update tentang ilmu parenting, jadi ga menyerahkan semuanya pada ibu

    BalasHapus
  11. kalau kulihat postingan2 di IG anakjugamanusia itu memang banyak teguran2 yaa buat kita sebagai orang tua. kadang banyak juga memori2 masa kecil yang terpanggil.. semua itu saya rasa bisa menjadikan kita sebagai ortu yang terus belajar menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  12. Bukunya menarik banget, Kak. Benar. Melihat dari isinya memang bisa banget buat dijadikan bekal buat calon orang tua...

    BalasHapus
  13. Lihat reviewnya saya langsung tertarik malah untuk baca bukunya sendiri. Apalagi ini memang terkait tentang orang tua dan anak. Langsung auto hunting.

    BalasHapus
  14. ini saya juga punya loh bukunya, banyak yang cukup menampar sih isinya, ternyata kadang kita sebagai orang tua itu suka semena-mena yaa, huhuhu, anak juga manusia makanya orang tua harus belajar terus ilmu parenting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik banget udah punya bukunya. Mungkin saya juga akan langsung tertampar setelah membaca bukunya. Sepertinya penting banget dibaca, baik oleh anak-anak atau juga para orang tua. Saya masih harus terus belajar ilmu parenting nih....

      Hapus
  15. Ya ampun banyak banget tema pembahasannya yah. Kayaknya cocok deh buat kado temen yang sedang hamil dan mau jadi orangtua, makasiih rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok banget dong kak, aku juga punya bukunya. buat prepare menuju pernikahan dan punya anak juga bagus, wort it banget to read kak

      Hapus
  16. Keren nih bukunya buat modal parenting biar makin baik lagi mengasuh dan mendidik anak-anak ya.

    BalasHapus
  17. buku ini emang keren mas
    aku sudah baca
    buku yg menambah pengetahuanku dalam mengasuh anak

    BalasHapus
  18. MashaAllah~
    Buku yang inspiratif dan membuka mata para orangtua untuk mengasuh anak-anak amanah Allah ini dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  19. Sepertinya aku harus baca buku ini. Ada bagian ketika anak jatuh cinta. Anakku mulai Remaja, udah mulai jatuh cinta sepertinya. jadi penginnya saya tetap jadi yang tempat curhatnya.

    BalasHapus
  20. bagus banget ya bukunya apalagi buat yang jadi calon ibu wajib banget niy aku baca soal ini, dan bisa diterapkan ke anak-anak

    BalasHapus
  21. Mendidikan anak itu sangat sulit. Jangan samakan mendidik anak dulu dgn sekarang. Polanya berbeda. Mgkn pakem2nya tetap sama, tp cara penyampaiannya yang harus berbeda. Karakter anak sekarang itu unik. Butuh perhatian ekstra dari orangtua supaya mereka menemukan jati dirinya.

    BalasHapus
  22. Dilihat dari isi bukunya ternyata ada teknik membandingkan yg baik, penasaran nih, padahal dulu sebel dibandingin sama anak tetangga, hihihi

    BalasHapus
  23. Anak juga butuh didengar pendapatnya dan dipahami, pastinya ini jadi bacaan yang gak hanya bagus buat orangtua tapi calon orangtua juga

    BalasHapus
  24. Kok, aku auto nyanyi rocker juga manusia, ya? Tapi, emang, ngadapin anak-anak itu mesti sabar Dan bahan diri, ya, Pak.

    BalasHapus
  25. kayaknya bagus ini kontennya.. tapi fontnya kok keriting ya :( saya agak capek kalau baca buku dengan font keriting sebanyak ituuhh

    BalasHapus
  26. Saya juga sudah baca buku ini. Bagus. Berharap banyak para ayah yang baca juga dan mengamalkan di kehidupan sehari-hari.. Jgn smpai Indonesia jd negara fatherless

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sekali mba, jangan sampai deh Indonesia jadi negara yang fatherless karena kurangnya kepedulian laki-laki terhadap dunia parenting yang amat penting bagi tumbuh kembang anak

      Hapus
  27. Sepertinya saya butuh buku ini, karena mendidik anak bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang bisa dipelajari buku ini dan diterapkan untuk dapat mendidik anak dengan baik

    BalasHapus
  28. Sebagai orangtua rasanya merasa kesindir banget baca review ini haha apalagi baca bukunya yaa. PEnasarann akuu, ini yang sebenrnya lagi aku butuhkan banget

    BalasHapus
  29. noted nih bukunya, semoga saya juga bisa segera membaca buku ini dan mengambil banyak pelajaran lagi dari isi buku rekomendasi Ayah Zhaf-Fath ini.

    BalasHapus
  30. Aku juga beli buku ini, hihi..tapi belum tuntas membacanya.
    Hanya aku menangkap satu hal bahwa setiap perjalanan manusia hidup itu adalah sebuah proses. Ketika memberikan pengasuhan yang sama terhadap satu anak, bukan berarti berhasilnya akan sama dengan anak yang lainnya.

    Karena mendidik anak itu ada seninya.

    BalasHapus
  31. Baca daftar isinya, kayaknya bukunya bermanfaat nih untuk pendidikan anak, jadi pengen baca full bukunya

    BalasHapus
  32. Sudah baca buku ini dong cuma belum sempat review. Bukunya bagus banget dan sangat mendidik, terutama buat kita para orang tua agar lebih memahami perasaan anak-anak. Apalagi bukunya juga dikemas dengan bahasa yang ringan dan menarik sehingga enak dibaca

    BalasHapus
  33. Buku yang cocok untuk kita semua. Baik yang mau jadi orang tua atau juga yg udah jadi orang tua. Bahwa anak itu harus dididik dengan penuh kesabaran dan ketabahan.

    BalasHapus
  34. Buku ini memang recommended
    pas banget menemani hari-hari pengasuhan
    aku sudah baca

    BalasHapus
  35. Menarik sekali bukunya, buat aku yang jarang bersentuhan sama anak anakndalam keseharian bener bener kasih insight baru tentang dunia bocil

    BalasHapus
  36. Membaca buku gini perlu sekali diakukan oleh orang tua sebagai pengingat kembali, mengapa dan apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah anak anak lahir ke dunia..

    BalasHapus
  37. Jadi merasa wajib deh ounya buki ini setelah baca reviewnya ya.
    Meskipun sudah punya 2 anak tetap saja masih kurang totalitas dalam mendidik dan membesarkannya

    BalasHapus
  38. Huwaa suka deh ngeliat masnya baca dan rekomendasiin buku ini. Semoga semakin lebih baik lagi ya. Dan, anak anak juga nantinya semakin berkualitas.

    BalasHapus
  39. Isinya bukunya menarik ua, kak
    Apalagi di bagian yang bagian cara Anak Menerima Cinta ��

    BalasHapus
  40. aku kepo dgn buku ini dan makasih udah review. Jadi ada gambaran buku ini seperti apa.

    BalasHapus
  41. Pernah punya buku ini, tapi terus saya kadoin ke teman karena sudah punya buku sejenis. Pernah ikut kelas parentingnya secara offline dengan penulis bukunya juga. Cukup menginspirasi dan must read untuk para orangtua.

    BalasHapus