Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Membaca bersama Anak, Ayah juga Perlu Terlibat

Manfaat membaca bersama Anak, Ayah Juga Perlu Terlibat
Gambar : pexels.com

Buku dikenal sebagai jendelanya dunia karena begitu banyak hal yang bisa diketahui melalui buku. Olehnya penting sekali mengenalkan buku pada anak sedini mungkin. Bahkan sejak si buah hati masih dalam kandungan sekali pun.

Caranya bagaimana? Ya dengan membacakan buku. Janin di dalam kandungan sudah bisa merespon lho. Ia bisa mendengar suara orang tuanya.

Itu sebabnya, orang tua memang disarankan untuk sering-sering mengajak ngobrol anaknya sejak dalam perut, termasuk dengan membacakan buku. Dengan begitu diharapkan sebelum si kecil lahir sudah terbangun bonding dengan orang tuanya. 

Tentu saja, peran ayah juga sangat penting di sini. Jangan mentang-mentang karena istri yang hamil sehingga hanya istri yang disuruh membacakan buku. Ayah pun harus terlibat.

Ya, walaupun sibuk dengan pekerjaan sehari-hari tapi seorang ayah harusnya bisa meluangkan waktu walau hanya sekitar 10-15 menit untuk keluarga, termasuk dengan membaca buku bersama anak mengingat ada banyak sekali manfaatnya.

Manfaat Membaca Buku bersama Anak

Membaca buku bersama anak
Gambar : pexels.com

Salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dilakukan bersama anak adalah membaca. Membaca bersama anak tidak hanya sekadar menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan mereka. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca bersama anak:

1. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Ingin anak lancar berbicara? Membaca adalah solusinya. Membaca bersama anak dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasanya.

Dengan membaca, anak akan terbiasa dengan kata-kata baru dan dapat mengembangkan kosakata mereka. Mereka juga akan belajar cara mengucapkan, menggunakan, dan memahami kalimat dengan benar.

2. Merangsang Imajinasi

Melalui membaca, anak akan dihadapkan pada dunia imajinasi dan cerita yang menarik. Ini akan merangsang imajinasi dan membantu anak dalam membangun dunia imajinasi yang kreatif. Membaca juga akan membantu anak dalam berpikir secara abstrak dan memperluas wawasan mereka.

3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi 

Membaca bersama anak juga dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasinya lho

Ketika membaca bersama, anak harus fokus pada cerita dan mengikuti alur cerita yang sedang kita bacakan. Ini akan membantu anak dalam melatih keterampilan konsentrasi yang penting untuk belajar di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Hubungan Emosional

Membaca bersama anak juga bisa menjadi waktu yang berkualitas untuk saling terhubung dengan mereka. Ketika kita membaca bersama anak, kita akan memberikan perhatian penuh padanya lewat mendengarkan, dan berinteraksi dengannya melalui cerita. 

Hal ini tentu akan membantu membangun hubungan emosional sehingga tercipta bonding yang kuat antara kita dan dan anak. 

Ingat, untuk membangun bonding dengan anak tidak harus selalu dengan meluangkan waktu yang banyak. Apalagi bagi seorang ayah yang notabene memiliki kesibukan di luar untuk mencari nafkah. 

Seperti yang disingung di atas, meluangkan waktu 15 menit saja sudah cukup asalkan berkualitas. Jadi yang terpenting bukan quantity time tapi quality time.

5. Mengajarkan Nilai dan Moral

Banyak buku cerita anak yang mengandung pesan moral dan nilai yang penting. Ketika kita membaca bersama anak, kita dapat membahas pesan yang terkandung dalam cerita tersebut.

Dengan begitu kita dapat membantu anak untuk memahami nilai-nilai baik dan penting dalam kehidupannya.

6. Mendorong Minat Membaca

Ketika anak sudah terbiasa dibacakan buku sejak kecil, ia akan tumbuh menjadi anak yang sedang dengan aktivitas membaca.

Ya, kebiasaan membaca bersama anak dapat mendorong minat anak dalam membaca. Ketika anak melihat betapa menyenangkannya membaca bersama orang tua, maka nantinya ia akan cenderung lebih tertarik untuk membaca sendiri. 

Hal ini dapat membantunya dalam mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan mendukung prestasi akademiknya di masa depan.

Penutup

Membaca bersama anak adalah kegiatan yang menyenangkan dan memberikan banyak manfaat. Tentu kegiatan ini tidak hanya membutuhkan peran ibu, melainkan kehadiran ayah juga sangat penting.

Yuk para Ayah, mulailah membiasakan diri untuk membaca bersama anak sejak usia dini, dan rasakan sendiri manfaat positif yang mereka dapat. Jangan lupa untuk memilih buku yang sesuai dengan usia dan minat anak. Selamat membaca!


Posting Komentar untuk "Manfaat Membaca bersama Anak, Ayah juga Perlu Terlibat"