Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil


Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil
Foto : toyota.astra.co.id

Hallo Parents, gimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa sehat dan dalam lindungan Yang Kuasa ya.

Gimana nih dengan rencana weekend bersama keluarga tercinta? Tentunya dengan fasilitas transportasi yang perawatannya baik akan menunjang kelancaran perjalanan Parents.

Keputusan memiliki mobil sebagai sarana transportasi utama keluarga, selain untuk sarana transportasi sehari-hari, tentunya juga untuk transportasi keluarga ketika momen weekend atau libur sekolah telah tiba. 

Dengan salah satu alasan tersebut, maka Parents tentunya wajib melakukan perawatan pada mobil agar tetap dalam kondisi dan tampilan yang prima. 

Perawatan mobil yang dilakukan secara berkala akan dapat memaksimalkan kerja dari mobil tersebut. 

Seiring dengan waktu, maka akan ada beberapa komponen mobil yang perlu dilakukan mulai dari penyetelan, pembersihan hingga penggantian dengan onderdil baru, seperti kampas rem yang aus atau filter udara yang kotor. 

Dengan demikian, maka pengguna dari mobil dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. 

Perawatan Eksterior Mobil

Perawatan mobil toyota hiace
Foto : astra.co.id

Selain komponen mesin yang butuh perawatan, maka interior dan eksterior mobil pun butuh penanganan yang baik pula agar mampu menciptakan kesan yang bersih, wangi dan mengkilap. 

Tentunya eksterior mobil yang bersih terawat akan menggambarkan kepribadian dari penggunanya 

Nah, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan perawatan eksterior mobil agar tetap bersih terawat yang Parents dapat lakukan secara berkala. Yuk, mari kita simak!

Memilih tempat parkir yang baik

Memilih tempat parkir yang baik akan melindungi mobil dari cuaca yang ekstrim, seperti panas matahari maupun hujan deras. 

Lokasi parkir yang sering digunakan dan aman yaitu di gedung atau di bawah pohon. Jika lokasi parkir mengharuskan mobil diparkir di tempat terbuka, maka sebaiknya menggunakan cover mobil untuk meminimalisir panas matahari maupun hujan yang dapat merusak cat mobil dan membuat casing mobil mudah berkarat. 

Selain itu, ketika musim penghujan tiba, banyak pengendara mengharuskan berkendara dalam keadaan hujan. Agar terhindar dari karat, maka sesampainya di rumah, mobil dapat dicuci dan langsung dilap kering. 

Hal yang tak kalah pentingnya yaitu menyediakan tempat parkir di rumah lengkap dengan kanopinya, agar mobil terhindar dari panas matahari, hujan dan embun. 

Jangan parkir di jalan ya Parents agar hubungan dengan tetangga tetap terjaga dengan baik, hehe.

Mencuci Mobil di Waktu dan Tempat yang Tepat

Parents perlu diperhatikan waktu yang tepat saat mencuci mobil yaitu pagi hari dan kondisi mesin dalam keadaan dingin serta di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari. 

Jadi jangan sampai mencuci mobil di waktu dan tempat yang tidak tepat karena akan menyebabkan cat mobil lebih cepat pudar bahkan bisa merusak bagian eksterior mobil yang lainnya.

Menggunakan Shampo Khusus untuk Mobil

Sudah banyak jenis shampo untuk mobil yang beredar dan sangat mudah didapat di toko swalayan terdekat hingga toko perkakas dengan berbagai varian harga yang bisa dipilih sesuai kondisi budget pengguna mobil.

Namun sebaiknya pilihlah shampo dengan busa yang lembut karena sangat ampuh untuk menjaga kualitas cat mobil. 

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu hindari mencuci mobil dengan menggunakan detergen. Mengapa? 

Karena detergen memiliki tekstur yang kasar dan kandungan yang keras terhadap cat mobil yang bisa mempercepat kusamnya warna cat mobil. 

Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka warna cat mobil akan lebih cepat pudar serta bisa saja menimbulkan baret pada mobil.

Memilih bahan lap yang baik

Bahan lap dengan tekstur yang lembut dan mampu menyerap air merupakan pilihan terbaik saat mencuci maupun mengeringkan mobil. 

Dengan teksturnya yang lembut, maka mobil dapat terhindar dari goresan saat mencuci atau mengelap mobil. 

Sama halnya shampo, bahan lap khusus mobil pun sudah banyak beredar dengan harga dan brand yang beranekaragam dan tentunya sangat mudah didapatkan di pasaran. 

Aturlah Tekanan Air

Hal yang tidak kalah penting saat mencuci mobil yaitu mengatur tekanan air pada nozzle semprotan. 

Tekanan yang berlebih memang mudah untuk merontokkan tanah atau lumpur yang mengering dan membandel pada mobil khususnya area bawah mobil. 

Tetapi bisa juga merusak lapisan cat pada mobil dan parahnya akan menimbulkan bekas yang mirip bekas hantaman benda keras. 

Tentunya akan terlihat buruk jika kondisi cat tidak merata, apalagi ada bekas pada bagian tertentu pada mobil.

Untuk mencegah hal tersebut, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan tekanan air yang menengah atau cukup dengan mengguyur body mobil dengan timba agar jauh lebih aman dari tekanan air yang berlebih. 

Mengeringkan Mobil Setelah Selesai Mencucinya

Setelah yakin semua body mobil sudah bersih, maka segeralah mengeringkan mobil dengan menggunakan bahan lap yang lembut dan mampu menyerap air dengan baik. 

Sisa-sisa air pada mobil dapat menyebabkan bercak maupun karat pada mobil jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, bersegeralah mengelap kering mobil setelah dicuci. 

Gunakanlah Wax Mobil

Bagi sebagian orang, bersih terawat belum cukup untuk menjaga penampilan mobi. Maka tips perawatan eksterior mobil selanjutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan proses wax pada mobil agar terlihat lebih mengkilap. 

Teknik waxing merupakan metode perawatan agar cat mobil tetap pada kondisi terbaiknya. 

Caranya yaitu cukup ratakan wax pada mobil, lap secara merata dan bersihkan sisa wax dengan microfiber. Metode ini dapat pula diaplikasikan pada kaca mobil agar terbebas dari jamur. 

Memilih Auto2000 untuk Perawatan Cerdas

Totoya Hiace Auto 2000
Foto : astra.toyota.co.id

Bagi Parents yang memiliki bisnis di bidang travel, Toyota All New Hiace bisa menjadi solusi terbaik karena interior dan Eksterior Toyota All New Hiace didesain dengan memiliki kabin yang luas, mampu memuat sampai 11 penumpang serta hemat bahan bakar. 

Tingginya mobilitas Toyota All New Hiace sebagai sarana transportasi di bidang travel, maka Parents tidak perlu khawatir, cukup melakukan perawatan mobil secara berkala di Auto2000 hanya dengan sentuhan lembut jari pada smartphone. 

Dengan mengakses website atau menginstall aplikasi Auto2000, maka Parents tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil.

Aplikasi Auto2000 menyediakan fitur-fitur, diantaranya yaitu Workshop Service, Paket Service, Order Suku Cadang, Home Service, Body Paint dan masih banyak lagi. 

Dilansir dari websitenya, Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. 

Dengan transformasi baru inilah, Auto2000 berusaha mendorong batasan transaksi pembelian mobil Toyota di platform digital. Sehingga, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone

Selain itu dengan konsep berbasis “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000

Tak hanya itu, aplikasi Auto2000 Mobile baru yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​

Kehadiran Auto2000 digiroom memudahkan segala kebutuhan layaknya Showroom Toyota ada di saku Parents.

Dengan membangun basis data pelanggan secara komprehensif, Auto2000 melayani pelanggan secara pribadi yang sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi didukung oleh tim dan sistem yang handal mulai dari wiraniaga profesional, teknisi dengan sertifikasi Toyota Internasional, hingga sistem Teknologi Informasi online terintegrasi sehingga tidak perlu ragu memercayakan perawatan eksterior mobil pada Auto2000.

Demikian ulasan Cerita Ayah terkait tips perawatan eksterior mobil yang bisa Parents terapkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Melakukan Perawatan Eksterior Mobil"