Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkit dari Pandemi, Saatnya Tumbuh bersama Rumah Zakat

Bangkit dari Pandemi, Saatnya Tumbuh bersama Rumah Zakat

Saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, begitu banyak masyarakat merasakan bagaimana sulitnya perekonomian. 

Tidak hanya masyarakat kalangan bawah, tetapi juga beberapa kalangan atas pun turut merasakan dampak dari pandemi.

Tingginya angka penyebaran virus COVID-19 dan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah menjadi penyebab utama lesunya perputaran uang. 

Banyak pengusaha skala kecil, seperti pelaku UMKM yang kesulitan. Berbagai perusahaan pun tidak sedikit yang mengalami kerugian akibat pandemi sehingga terpaksa merumahkan karyawan bahkan ada yang sampai gulung tikar.

Kondisi yang benar-benar pelik. Tidak mudah melewati masa itu. Namun bersyukur masyarakat Indonesia memiliki lembaga filantropi terpercaya seperti Rumah Zakat yang berkontribusi besar dalam menebarkan sejuta manfaat, rasa optimis, kemampuan bertahan serta tumbuh bersama saat maupun pasca COVID-19.

Mengenal Rumah Zakat, Lembaga Filantropi Milik Masyarakat Indonesia

Mengenal Rumah Zakat, Lembaga Filantropi Milik Masyarakat Indonesia

Ayoo siapa yang belum kenal dengan Rumah Zakat? Sebelum membahas lebih jauh mengenai kontribusi Rumah Zakat untuk negeri ini, yuk kita kenalan dulu!

Dilansir dari websitenya, Rumah Zakat merupakan lembaga filantropi milik masyarakat Indonesia yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan lainnya melalui serangkaian program terintegrasi di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang kehadirannya bertujuan untuk mewujudkan kebahagiaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Lembaga ini telah terbentuk sejak 2 Juli 1998, didirikan oleh Abu Syauqi dan teman-temannya. Jika kita mengintip ke belakang, melihat milestonenya selama hampir seperempat abad, Rumah Zakat telah melalui berbagai transformasi.

Saat baru didirikan Rumah Zakat masih merupakan institut tradisional yang bernama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ). 

Baru pada tahun 2006 Rumah Zakat memasuki babak sejarah baru dengan bertransformasi dari Traditional Institution ke Profesional Institution bernama Rumah Zakat Indonesia. 

Tidak berhenti di situ, tahun 2010 lembaga ini kembali bertransformasi dengan mengubah brand-nya dari Rumah Zakat Indonesia menjadi Rumah Zakat dan mengusung konsep 3 brand value baru yaitu Trusted, Progressive dan Humanitarian guna menajamkan karakternya menuju "World Class Socio-Religious Non Governance Organization (NGO)". 

Dalam perjalanannya, Rumah Zakat terus berbenah sehingga di tahun 2016 lembaga ini kembali bertransformasi menjadi Rumah Zakat dengan Interpreunerial Institution. 

Pada 2020 Rumah Zakat kembali bertransformasi menjadi Rumah Zakat dengan World Digital Philanthropy Institution. Tentunya dengan berbasis digital kelas dunia, kualitas peningkatan pelayanan terhadap masyarakat terus diberikan melalui program-program unggulannya. 

Dan kini, di tahun 2022 lembaga filantropi terpercaya milik maysrakat Indonesia ini kembali meluncurkan gerakan #SaatnyaTumbuhBersama.

Adapun gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat menumbuhkan rasa optimisme dan semangat kolaborasi untuk tumbuh bersama setelah berjuang dan bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

Melalui gerakan Saatnya Tumbuh Bersama , diharapkan Rumah Zakat beserta seluruh lapisan masyarakat bisa terus tumbuh dan optimis untuk menghadirkan manfaat bagi melalui optimalisasi dana zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan lainnya yang dititipkan oleh para donatur.

Bangkit dari Pandemi, Saatnya Tumbuh Bersama Rumah Zakat

Program Rumah Zakat

Setelah melewati dua tahun dalam masa sulit akibat pandemi COVID-19, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah bangkit. 

Sejalan dengan itu, di tahun 2022 ini Rumah Zakat menghadirkan program yang mengajak kita semua untuk tumbuh bersama.

Rumah Zakat sendiri telah hadir untuk negeri selama 24 tahun dan selama itu pula lembaga filontropi ini menebar berjuta manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai macam programnya.

Selain Program #SaatnyaTumbuhBersama  Rumah Zakat, Rumah Zakat fokus pada program unggulan pemberdayaan, bencana dan kemanusiaan serta CSV patner.

Pemberdayaan

Dalam program pemberdayaan, Rumah Zakat membina para penerima manfaat melalui Desa Berdaya yang merupakan program pemberdayaan terintegrasi yang disesuaikan dengan potensi desa.

Program yang juga mencakup bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan ekonomi ini didampingi oleh fasilitator yang disebut Relawan Inspirasi. 

Sejauh ini Rumah Zakat telah membangun 1695 Desa Berdaya dan hingga 2021 memberikan 42 juta layanan manfaat serta hadir di 18 Provinsi Kantor Layanan dan 34 Distribusi Program.

Bencana dan Kemanusiaan

Rumah Zakat juga punya program khusus untuk bencana dan kemanusiaan. Termasuk ketika virus corona masuk ke Indonesia.

Melalui program Bersama Hadapi Corona, pada 2021 lalu Rumah Zakat hadir guna membantu menanggulangi dampak COVID-19.

Bersama para donaturnya Rumah Zakat  berbagi kepada 1.164.096 penerima manfaat yang tersebar di 27 provinsi dan 50 kota/ kabupaten dengan melibatkan 3.948 relawan

CSV Patner

Selanjutnya Rumah Zakat memiliki program Creating Shared Value (CSV) yang fokus pada bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan serta kebencanaan dan kemanusiaan.

Program ini juga sejalan dengan Sustainable Develepment Goals (SDGs). Berikut ini kontribusi Rumah Zakat pada pencapaian SDGs

  • Desa Tanpa Kemiskinan meliputi program kewirausahaan, posyandu, PAUD juara, Sekolah Juara, Beasiswa Anak Juara, Kids Learning Center, bebas stunting, lansia produktif, Aksi Siaga Bencana  Desa Tangguh Bencana
  • Pendidikan Desa Berkualitas melalui Beasiswa Juara, Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A), Rumah Quran, Rumah Baca, Rumah Belajar, Rumah P2M
  • Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif mencakup Desa Berdaya, Janda Berdaya, Kado Lebaran Yatim, Berbagi Berbuka Puasa, Ramadan Bebas Hutang, Syiar Quran, Bingkisan Lebaran Keluarga dan Superqurban
  • Keterlibatan Perempuan Desa melalui beasiswa juara
  • Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata dengan progran kewirausahaan dan vokasi
  • Kemitraan untuk Pembangunan Desa lewat program seperti Ramah Lansia

Itu dia program Rumah Zakat yang terus tumbuh dan senantiasa menebar manfaat dan kebaikan kepada masyarakat.

Di tahun 2022 ini Rumah Zakat memiliki target untuk mencapai 1,5 juta penerima manfaat, membangun 1.700 Desa Berdaya dan berupaya agar persentase masyarakat yang keluar dari garis kemiskinan.

Berdasarkan data penerima manfaat program ekonomi tahun 2021 Rumah Zakat telah membantu masyarakat hingga 15% berhasil keluar dari garis kemiskinan. 

Nah, tahun 2022 targetnya bertambah menjadi 20%. Tentunya target tersebut dapat tercapai dengan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari dukungan pemerintah, media dan juga dukungan dari kita semua.

Jadi jangan ragu memilih untuk tumbuh bersama Rumah Zakat dengan ikut menyalurkan rezeki orang lain yang Tuhan titipkan pada kita.

Penutup 

Tidak ada ruginya untuk berbuat kebaikan. Sekecil apapun yang kita berikan pastilah sangat bermakna asal disertai dengan niat yang ikhlas.

Berada dalam masa pandemi memang tidak mudah, setelahnya pun demikian. Namun sebagai seorang mukmin, kita tidak mengenal istilah putus asa apalagi sampai menyerah.

Setelah berada dalam keterpurukan akibat pandemi, kini saatnya kita untuk bangkit dengan optimis dan semangat untuk tumbuh dan senantiasa menebar manfaat.

Tentunya sebagai lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia, Rumah Zakat menjadi pilihan yang tepat untuk menyalurkan donasi.

So far tunggu apalagi, yuk #SaatnyaTumbuhBersama membantu saudara-saudara kita di luar sana yang kekurangan dengan ikut berdonasi di Rumah Zakat.

35 komentar untuk "Bangkit dari Pandemi, Saatnya Tumbuh bersama Rumah Zakat"

  1. Barakallahu untuk rumah zakat, dan dengan programnya masyarakat dapat berdaya dan berkarya, serta banyak yang terbantu dengan layanan filantropi ini ya.

    BalasHapus
  2. Masya Allah mudah-mudahan programnya terus langgeng ya, bisa memberdayakan masayarakat dengan layanan filatropi ini :)

    BalasHapus
  3. Rumah zakat programnya langsung bisa dirasalan oleh umat, semoga selalu amanah. Zakat dari dana masyarakat tentu harus dikelola dengan tanggung jawab, suka dengan program yg menyentuh Desa-desa, semoga merata ya hingga pelosok Indonesia

    BalasHapus
  4. Betul banget, besar atau kecil, yg penting ikhlas dan konsisten. Semoga pandemi segera pergi seratus persen sehingga perekonomian kita bangkit dan stabil lagi ya

    BalasHapus
  5. Saat ini tu ada saja orang yang merasa kebingungan mau bayar zakat dimana gitu. Kalau ada lembaga filantropi kayak rumah Zakat begini kayaknya tu bakal memudahkan kita banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau donasi juga mudah. Kita bisa ke Rumah zakat yang kita percaya karena menjaga amanah banget

      Hapus
  6. Alhamdulillah ada Rumah Zakat dengan segala aktifitasnya yang bermanfaat mampu menginspirasi banyak orang hingga menjembatani para donatur untuk berbuat kebaikan kepada sesama yang membutuhkan. Semoga upaya dan niat baik Rumah Zakat terus berkelanjutan sehingga mampu membantu memenuhi kebutuhan mereka2 yang membutuhkan.

    BalasHapus
  7. Wah keren ya kak kiprah Rumah Zakat ini. Apakah Rumah Zakat hanya membantu umat muslim?

    BalasHapus
  8. Semoga rumah zakat makin tumbuh dan berkembang, bermanfaat bagi banyak masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  9. Sudah lumayan lama ya Rumah Zakat hadir, 24 tahun bukan waktu yang singkat. Program-programnya juga bagus dan langsung dirasakan masyarakat. Semoga dan lembaga filontropi ini selalu menebar berjuta manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. Aamiin

    BalasHapus
  10. Salut dengan program Rumah Zakat ini
    Berusaha memberdayakan masyarakat di sekitarnya
    Sukses terus Rumah Zakat

    BalasHapus
  11. Salahsatu filantropi yang sering jadi sasaran untuk menyalurkan donasi ya Rumah Zakat ini,. Terlebih juga program2nya berguna dan dinikmati banget oleh masyarakat sekitar

    BalasHapus
  12. Pandemi memang mengubak secara paksa sistem yang sudah berjalan lama ya, Kak. Tinggal pinter-pinternya sebuah organisasi maupun industri untuk, beradaptasi. Mereka yang beradaptasi akan berhasil melewati pandemi ini. Semangat Rumah Zakat!

    BalasHapus
  13. Program kerja dari rumah zakat luar biasa. Bener bener membantu masyarakat yang membutuhkan dan dana dari donatur juga disampaikan dengan baik.
    next time cobain via rumah Zakat juga

    BalasHapus
  14. Rumah Zakat dan programnya ini aku sering baca di instagramnya, kebetulan aku follow karena kontennya sangat menginspirasi dan termasuk lembaga Filantropi yang masih dipercaya masyarakat hingga kini.

    BalasHapus
  15. Sejak kasus a** lembaga filantropi sedang jadi sorotan ya. Aku pribadi sejauh masih menaruh keprcayaan sih dengan lemabaga zakat yany jelas ya. Macam RZ ini.
    Masih menyumak mau dibawa kemana isu terkait lembaga filanteopi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak Hamim, kasusnya si Aksi itu emang bikin agak curiga sama lembaga kemanusiaan gini. Untung aja Rumah Zakat bener-bener bisa dipercaya banget yah kak

      Hapus
  16. Masya Allah semoga rumah zakat semakin besar dan bisa menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit setelah pandemi dan lebih berdaya

    BalasHapus
  17. semoga lebih banyak lagi lembaga-lembaga filantropi yang terus menggaungkan kepentingan umat.

    BalasHapus
  18. Benar sekali, Mas. Sekecil apa pun kebaikan yang kita berikan, Insya Allah akan berkah dan memberi manfaat bagi orang lain. Dan program dari Rumah zakat sangat bagus sekali untuk wilayah pedesaan. Jadi semuanya dipemerdayakan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  19. Kereen rumah zakat semoga bisa bangkit kembali dan bermanfaat bagi masyarakat.

    Indonesia memiliki masyarakat yang mayoritas muslim, jika saling membantu dan 2,5 persen penghasilannya untuk sedekah Insya Allah tidak ada yg kekurangan ya (gusti yeni)

    BalasHapus
  20. sama seperti tema kemerdekaan 77 tahun indonesia, ayu kita bangkit dan pulih bersama rumah zakat.

    BalasHapus
  21. Kupikir Rumah Zakat ini ya cuma seputar zakat aja sih. Ternyata programnya luas banget dan memberdayakan desa. Keren. Institusi pemerintah kudu ngikutin langkahnya nih

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Rumah Zakat memberdayakan umat ya mas
    Dengan begini bisa bangkit bersama lebih kuat dari pandemi ya mas

    BalasHapus
  24. MashaAllah~
    Kehadiran Rumah Zakat di tengah-tengah masyarakat Indonesia sudah 24 tahun lamanya yaa..
    Dan pasti sudah sangat berpengalaman dalam menyalurkan kebermanfaatan dalam bidang kemanusiaan di seluruh Indonesia bahkan saat Palestina terkena musibah pun, RZ turut terjun langsung memberikan bantuan.

    Barakallahu fiikum.
    Semoga RZ senantiasa amanah dan penuh semangat dalam membantu yang membutuhkan.

    BalasHapus
  25. Kehadiran Rumah Zakat ini benar-benar membantu ya, jelas pula. Semoga programnya terus berjalan dan banyak yang terbantu.

    BalasHapus
  26. Aku kenal rumah zakat sudah lama. Dan salah satu sd binaannya adalah sekolah juara ya, bagus kurikulum ya. Semoga selalu amanah dan tercapai apa yg direncanakan.

    BalasHapus
  27. Dah lumayan lama ya kehadiran Rumah Zakat di Indonesia. 24 tahun bukan waktu yang singkat lho dan selama itu pula lembaga filontropi ini menebar berjuta manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai macam programnya. Salut dehhh

    BalasHapus
  28. Rumah zakat ini sudah dari dulu benar-benar membantu yaa, program-program sosialnya terutama untuk kemanusiaannya patut diacungi jempol.

    BalasHapus
  29. betul mba, sedikit yang kita berikan (ya kalau bisa banyak juga si sesuai kemampuan) itu bisa sangat bermanfaat untuk orang lain. konsep inilah yang perlu kita pertahankan dan sepertinya bisa menjaga negara kita dari musibah

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya,Pak.. wakaka maaf jadi panggil mba

      Hapus
  30. Kantor pusatnya dekat dengan rumah saya. Ide pemberdayaan umat ada aja yang baru. Dengan manajemen moderen, manfaatnya jadi lebih tepat sasaran dan amanah. Semoga semakin banyak penerima manfaat dari Rumah Zakat ya...

    BalasHapus
  31. barakallah Rumah Zakat, program-programnya bagus ya, semoga tetap berjalan terus dan semakin luas dampaknya

    BalasHapus
  32. Rumah zakat ini lembaga terpercaya. Masyarakat banyak yang menitipkan kepercayaannya pada program di rumah Zakat. Mudah-mudahan semakin maju.

    BalasHapus