Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog Plan, Cara Membuat dan Contohnya

Blog plan, cara membuat dan contohnya

Blog plan, cara membuat dan contohnya ini perlu diketahui oleh para blogger mengingat manfaatnya yang sangat besar untuk melancarkan aktivitas blogging.

Seperti halnya di dunia industri, ada dikenal Departemen Maintenance Planning yang fungsinya merencanakan suatu pekerjaan, membuat schedule dan memastikan pekerjaan tersebut berjalan sesuai dengan schedule yang telah dibuat sebelumnya.

Sama halnya pada dunia blog, setiap blogger dituntut untuk menjadi Planner bagi setiap blog miliknya untuk lebih mengoptimalkan kinerja blognya.

Apa dan Mengapa Blog Plan?

Blog Plan merupakan rencana yang disusun untuk mengoptimalkan blog itu sendiri, salah satunya menyusun content tulisan secara berkala, seperti plan tahunan, bulanan, mingguan hingga harian. 

Nah, selanjutnya mengapa blog plan itu penting? Setiap pekerjaan akan lebih baik jika dibuat dengan rencana yang matang. Kita dapat lebih mudah mengorganisasikan, mengaktualisasikan dan mengontrol proses optimalisasi blog kita. 

Selain alasan yang sifatnya umum, ada juga alasan khusus yang sangat penting sebelum kalian menulis, yaitu:

  1. Dengan perencanaan yang baik, maka kalian dapat mengurangi waktu untuk mengedit tulisan. 
  2. Dengan perencanaan yang baik, kalian mengorganisir tema tulisan dengan baik pula. 
  3. Perencanaan postingan yang baik, kalian dapat memperoleh lebih banyak pengunjung. 
  4. Dengan adanya blog plan, ide-ide tulisan akan semakin banyak. 

Tahu Apa Goals Kita

Sebenarnya goals kita ngeblog apa saja sih? Nah, dari blog plan sudah tergambar jelas tahapan untuk mencapai goals tersebut. 

Tentu goals setiap blogger beda-beda yaa. Saya pribadi yang baru bulan lalu merintis blog, membuat target yang sederhana saja dulu dikarenakan ada pekerjaan utama yang tentunya tidak bisa saya tinggalkan. 

Begitupun dengan blogger lainnya, pasti goals nya disesuaikan dengan kesibukan mereka masing-masing. 

Untuk optimasi blog, dapat dilakukan dengan mengikuti kelas-kelas blogging dan gabung di komunitas blogging melalui WAG. 

Salah satu yang saya ikuti adalah Kelas Gratis BRT. Meskipun gratis, tapi ilmunya "daging" banget dan proses untuk bisa lulus bukan hal yang mudah, tentunya butuh perjuangan dan disiplin yang extra. 

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Blog Plan? 

Banyak diantara blogger sering bertanya mengenai cara efektif membuat blog plan. Sebenarnya setiap blogger mempunyai ciri khas masing-masing, bukan hanya niche, template, dan genre menulis, tapi kenyamanan membuat blog plan pun terbilang sangat mempengaruhi proses blogging mereka. 

Misalnya Mbak Irra Octaviany, membuat blog plan lebih condong dengan mencatat langsung setiap point rencana bloggingnya. 

Sedikit berbeda dengan Mbak April Fatmasari, tampilan blog plan nya full colour dan masih sering juga mencatat langsung.

Begitupun dengan Mbak Lita Lestianti, selain mencatat agar mudah diingat, juga menampilkan blog plan yang full colour agar lebih menambah semangat. 

Sama halnya dengan Mbak Nurul Afiati, memiliki ciri khas untuk mencatat terlebih dahulu, kemudian dibuatkan blog plan dalam bentuk poster agar lebih ciamik lagi. 

Sebenarnya mencatat dengan manual itu sangat baik karena semakin banyak indera yang terlibat dalam proses belajar, akan lebih mudah diingat dibanding sekedar melihat atau mendengar saja.

3 cara membuat blog plan. 

Manual

Blog plan yang dibuat secara manual dapat dilakukan dengan menulis rencana blogging kita secara langsung diatas kertas/stick notes, kemudian dipajang di ruang belajar/kerja.

Bisa juga dengan melakukan coretan-coretan pada white board/papan tulis. Pastinya coretan yang full colour lebih menarik lagi. 

Printable

Banyak program komputer atau aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk membuat blog plan menjadi lebih menarik lagi. 

Misalnya program excel hingga design melalui aplikasi Canva. Bahkan mengkombinasikan Excel dan Canva bisa menjadi lebih power full lagi. 

Setelah membuat blog plan pada komputer atau smartphone, maka blog plan tersebut dapat di print lalu dipajang di ruang belajar/kerja.

Masih banyak program maupun aplikasi yang bisa digunakan, tergantung kebiasaan dan kenyamanan masing-masing blogger sih. 

Digital

Dengan kemajuan teknologi saat ini, membuat dan control blog plan lebih memudahkan lagi. 

Misalnya, kita membuat blog plan yang bisa dilengkapi dengan remindernya. 

Jadi tidak perlu lagi ke ruang belajar/kerja untuk mengecek progress dari blog plan. Cukup dengan smartphone dan koneksi internet, maka kita dapat mengakses blog plan secara online. 

Nah, dari ketiga cara membuat blog plan diatas, kadangkala saya mengkombinasikan dari ketiga cara tersebut, tergantung kondisi dimana saya berada.

Contoh Blog Plan Saya

Mengingat pentingnya blog plan, maka saya mencoba untuk membuat blog plan versi saya sendiri yang saat ini dibuat dengan aplikasi Canva. 

Contoh annual blog plan 2022

Contoh membuat monthly blog plan

Daily/weekly blog plan desember 2021

Jadi, dengan adanya blog plan, maka para blogger sudah dapat mengatur blognya masing-masing, yang dimulai dengan perencanaan hingga tercapai goals,serta dapat melakukan evaluasi antara perencanaan dengan aktual blogging nya dalam jangka waktu tertentu, umumnya selama setahun. 

Demikian tulisan singkat mengenai blog plan yang bisa menjadi referensi untuk terus konsisten membuat tulisan-tulisan terbaik. 

Semoga apa yang telah direncanakan dapat tercapai sesuai target kita masing-masing, senantiasa bersemangat menorehkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi kemajuan literasi Indonesia. 

Aamiin. 

29 komentar untuk "Blog Plan, Cara Membuat dan Contohnya"

  1. Saya biasanya bikin blog plan dalam seminggu, kemudian evaluasi. Kadang rajin banget ikut blog plan, kadang libur dulu sehari dua hari

    BalasHapus
  2. Waduh, selama ini saya enggak pernah bikin blog plan, suka-suka aja, huhuhu... Padahal penting banget ya, supaya tau gol dan bagaimana cara mencapainya...
    Terima kasih atas pencerahannya ya...

    BalasHapus
  3. Ah jadi semangat bikin blog plan juga nih kalo kayak gini. Target temen2 blogger makin gila juga. AKu ga boleh ketinggalan. Tapi target kalian tinggi2 nih. Jadi jiper akunya kak. Wkwkwk

    BalasHapus
  4. Enak sih kalau udah punya blogplan jadi ngeblog lebih produktif dan sistematis. Kita juga bisa melakukan evaluasi tiap akhir tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebaca artikel ini saya jd kepikiran buat bikin blog plan jg. Selama ini spontanitas aja dan emang hasilnya gak maksimal. Bener deh kalo direncanakan dan diperbaiki kontennya pasti blog terawat dan dapat menghasilkan yaa

      Hapus
  5. Aku bikin blog plan masih manual banget ini mba, pakai tulisan tangan pulak hahaha. Ini kalau dipercantik pasti bikin tambah semangat nih ngerjain deadlinenya

    BalasHapus
  6. Baru dengar soal blog plan ini. Bagus ya, kayak, karena selama ini pr banget ngeblog secara berkala dan rutin itu.

    BalasHapus
  7. Wah keren nih bikin blog plan, selama ini belum pernah bikin blogplan, jadi nggak pernah ada evaluasi, makasih ya sharing ilmunya

    BalasHapus
  8. Salah satu poin yang masih abai aku laksanakan dengan baik nih, blog plan. Nggak ada rencana sering bikin ngeblog jadi nggak terarah memang. Terima kasih banyak atas sarannya. Aku mau coba buat juga kalau begitu.

    BalasHapus
  9. Setujuuuuu
    Dengan perencanaan yang baik, maka bida menghemat waktu karena dapat mengurangi waktu untuk mengedit tulisan

    BalasHapus
  10. Aku kudu mencontoh bloger yg penuh perencanaan dengan membuat blog plan secara detail gini. Saya ngeblog masih suka-suka aj, malah blognya baru diisi lagi setelah dibiarkan 'mati suri' beberapa waktu, hiks.
    Makasih penyemangat ngeblognya kak.

    BalasHapus
  11. baru ikut kelas ini saya tahu harus bikin blog plan. Sebelum seblumnya nggak pernah bikin blog plan. Tahun 2022 harus lebih baik lagi dengan blog plan.

    BalasHapus
  12. wah kelas BRT makin mantul yaaa, duhh ketampar nih sama agenda blog plan, untung cepet2 liat rekomendasi program ini yaa. Aku juga mau ikutan buat blog plan 2022 ahh, biar makin rajin upgrade kualitas tulisan dan blog nya juga

    BalasHapus
  13. Wow... blogplannya cerita ayah keren nih . Semoga tercapai apa apa yamg direncanakan.

    Saya pribadi masih suka yg manual tapi untuk evuasi pakai excel agar mudah membuat perbaikan di targetan sebelumnya

    BalasHapus
  14. Punya blog plan jadi terencana ingin menulis yang seperti apa temanya, dengan begitu tetep konsisten menulisnya dan gak bikin writers block juga sih ya

    BalasHapus
  15. wah jaid pengen ikutan blog plan gini, pasti kebantu banget deh ngeblog dengan blog plan gini, apalagi belakangan ini lagi malas-malasan buat blog jadi wajib banget ada triggernya

    BalasHapus
  16. waduuhh, dari dulu ngeblog belom pernah ikutan blog plan. Ya gini-gini aja ngeblognya. sekedar nulis dan sedikit optimasi SEO setau saya aja. tapi baca ini jadi pengen rasanya punya goal plan selama ngeblog...hehe

    BalasHapus
  17. aku hobi banget bikin blog plan seminggu ke depan.
    Dan kala gagal di satu dua tema, masih maklum sih.. Karena mengurusi 2 blog yang seringnya bikin aku kewalahan, maklum belum punya team.
    Hihii~

    Tapi beneran ngefek kalau nulis ada panduan blog plan begini.

    BalasHapus
  18. wah iya ya, klo mau bisa ngeblog dengan fokus dan konsisten perlu banget bikin blog plan seperti ini
    biar g bingung mw buat artikel apa

    BalasHapus
  19. Wah blogplan kalo dilakukan dengan rutin dan konsisten insya Allah sih memang ada hasilnya untuk performa blog, dan semoga dengan meningkatnya kualitas konten tulisan juga akan semakin mendatangkan traffic

    BalasHapus
  20. Ya ampun, baca ini aku jadi disadarkan betapa pentingnya blogplan deh. Setahun ngeblog, aku gapernah tuh bikin plan apapun ke blog. Padahal manfaat buat performa blog banyak banget yaak, huhuhu kudu mulai bikin blogplan deh

    BalasHapus
  21. Kalau saya lebih pilih pakai printable untuk blog plan. Tapi tidak hanya 1 printable. Saya kumpulkan dari berbagai sumber yang sesuai dengan kebutuhan saya.

    BalasHapus
  22. kerennya membuat blog plan, 2022 harus belajar bikin blogplan juga nih, saat ini masih ya suka suka hati suka suka mood^_^

    BalasHapus
  23. Bisa ditiru nih...selama ini masih belum terencana blognya. Nulis ya nulis saja. Jadi targetnya nggak terukur jadinya. Makasih lho artikelnya

    BalasHapus
  24. Semoga semua yang ditulis di blog plannya bisa tercapai ya.. saya jadi ingat belum mulai bikin blog plan buat tahun depan, hehe.

    BalasHapus
  25. Sebenernya penting banget punya blog plan gini ya. sayangnya saya belum konsisten bikinnya. mAsih suka-suka aja ngeblognya.

    BalasHapus
  26. Keren bang, saya selama ini belum kepikiran bikin blog plan jadi menulis spontan yang terpikirkan dan kalau ada job. Baca artikel ini jadi makin paham apa yang harus saya lakukan biar goals PV naik tercapai

    BalasHapus
  27. tetiba saya ikut termotivasi bikin blog plan begini, secara kita punya target untuk blog dan strategi yang kita gunakan untuk mencapainya,

    BalasHapus
  28. Blog plan, ini sangat membantu dalam menyusun rencana mingguan, bulanan hingga tahunan. Dengan begitu blog kita bakal lebih jelas arah kedepannya. Dan sekaligus bisa dipantau performa nya.

    BalasHapus