Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Umum Commissioning Cement Bulk Project

Tahapan Umum Commissioning Cement Bulk Project


Bismillaah,

Alhamdulillaah, setelah sekian lama menghilang dari dunia blogging (seolah-olah blogger profesional nih,hehe). Akhirnya bisa menulis kembali. 

Karena disebabkan proses commissioning pada sebuah project cement bulk, maka kali ini saya mengangkat tema tentang tahapan proses commissioning pada Cement Bulk to Ship Loading Project

Commissioning merupakan pengujian operasional terhadap sistem equipment yang telah terpasang sesuai dengan manual instalation & manual operation untuk memperoleh performance test dan kapasitas produksi yang sesuai design. 

Tahapan commissioning meliputi:
  1. Mechanical Completion
  2. No Load Test
  3. Load Test

Mechanical Completion
Mechanical Completion itu ibaratnya pengecekan ulang terhadap kelengkapan komponen yang terpasang sesuai manual installation seperti pemeriksaan dan kekencangan baut serta pelumasan komponen yang berputar/bergesekan.
Disamping itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemberian name plate pada setiap equipment agar memudahkan tim saling berkomunikasi pada saat running test

Pada Cement Bulk Project, sistem terbagi menjadi 3 grup feeding yaitu sistem Silo to Bin, sistem Bin to Ship dan sistem Silo to Ship

Sistem Silo to Bin merupakan sistem yang bertujuan untuk proses feeding dari Silo Cement menuju Bin. Equipment utamanya terdiri atas Water Pump, Blower, Screw Pump, Impact Flow Meter, Bag Filter System dan Load Cell Bin. Sedangkan komponen pendukungnya terdiri atas komponen valve yaitu Cut-off valve/manual valve, Y-strainer, Check Valve, Shut-off valve, proporsional gate dan Two-Way Valve

Sistem Bin to Ship merupakan kelanjutan dari sistem Silo to Bin. Sistem ini bertujuan untuk proses feeding dari Bin menuju kapal curah. 
Equipment utamanya meliputi Load Cell Bin, Air Slide, Blower aeration, bucket elevator dan Impact flow meter. Sedangkan komponen pendukungnya seperti Junction Box, Shut-off Valve dan proportional gate.

Sistem Silo to Ship merupakan sistem yang secara langsung mengisi ke kapal curah. Prinsip kerja sistem ini sama dengan sistem Silo to Bin, yang membedakannya adalah tujuan akhir dari feedingnya. Jadi untuk feeding ke kapal curah hanya perlu mengubah arah pada Two-Way Valve-nya saja. 

No Load Test
No load test merupakan pengetesan tanpa beban pada equipment yang telah terpasang, baik secara individu maupun grup termasuk pengetesan signal start, emergency stop.

Sebagai contoh, no load test pada Bag Filter System yang terdiri dari Bag Filter, screw conveyor, rotary feeder dan fan. Setelah melakukan pengecekan pada tahap mechanical completion seperti kelengkapan dan kekencangan baut, lubrikasi dan alignment coupling, maka perlu cek arah putaran motor apa sesuai dengan design atau belum. Jika belum, maka untuk mengubahnya dapat dilakukan pada panel power supply/control dan terminal motor. Sebetulnya di PLC jg bisa, tapi tergantung dari jenis control-nya. Namun, di project ini tidak ada jenis motor yang dapat diubah pada program PLC nya. Langkah selanjutnya adalah sistem bag filter dijalankan selama 2 jam dan mengambil data vibrasi, temperatur dan parameter-parameter lainnya. 

Load Test
Setelah merampungkan semua proses pengetesan tanpa beban, pada tahapan ini merupakan tahapan yang sangat penting karena menyangkut dengan performance test yaitu tes untuk mencapai hasil yang sesuai dengan kapasitas desain. 

Sebagai contoh pada pengisian dari bin ke kapal curah. Pertama, sistem pada kapal curah dijalankan dengan berkoordinasi langsung dengan pihak kapal. Kedua, sistem dijalankan secara group, kemudian manual valve dibuka full dan Shut-off valve. Ketiga, proporsional gate dibuka secara perlahan dimulai pada pembukaan 5% dan terus berlanjut sampai 100% (di project kali ini, pembukaan 75% sudah mampu memenuhi kapasitas desain), dengan tetap memantau parameter-parameter pada setiap equipment

Untuk semua proses di atas, yang perlu diperhatikan adalah Safety First (Utamakan Keselamatan), setiap akan melakukan aktivitas tetaplah berkoordinasi dengan pihak safety

Akhir kata, kalau ada teman-teman yang lebih profesional dan mempunyai saran yang membangun, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar yaa.

Jabat erat.

Posting Komentar untuk "Tahapan Umum Commissioning Cement Bulk Project"