Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas Gratis BRT Network: How to Optimize Blog

Kelas Gratis BRT Network How to Optimize Blog

Ini adalah ulasan saya setelah sepekan ikut Kelas Gratis BRT Network. Meskipun saya sudah memiliki akun blog setahun lalu cuma baru akhir November 2021 saya mencoba beli domain dan mulai menulis kembali. 

Ilmu menulis yang saya punya kan hanya modal dari apa yang saya pelajari saat SMA dan kuliah. 

Begitu pun dengan coding, cuma bekal dari semasa kuliah saat belajar beberapa pemrograman dan beberapa software khusus untuk Mechanical Engineering.

Lebih dari itu, saya tidak tahu sama sekali mengenai blog. Menulis blog pun mengalir saja.

Namun dengan ikut kelas gratis BRT Network ini, saya semakin sadar bahwa ada suatu proses optimalisasi pada sebuah blog, jadi bukan sekedar menulis saja.

Apa itu Kelas Gratis BRT Network? 

Mengikuti Kelas Gratis BRT Network sebenarnya bisa dibilang dipaksa-paksa manja dari Istri yang lebih dulu ikut kelas ini. 

BRT merupakan singkatan dari Blog Ruang Tunggu. Meskipun kelas ini gratis, tapi ilmunya luar biasa banget terutama untuk saya pribadi. 

Di sini saya belajar banyak bagaimana mengoptimalkan blog dan bisa jadi akan sangat membantu menghasilkan duit kali yaa, hehee. 

Dengan arahan para Coach yang senantiasa mendampingi, maka saya yakin blog ini bukan sekedar blog tempat menulis, tapi ke depannya bisa berpenghasilan. Aamiin.

Siapa saja Coach di Kelas Gratis BRT Network? 

Di Kelas Gratis BRT Network ini, kita akan dibimbing oleh Coach yaitu:

  1. Mas Pewe
  2. Mas Priyo
  3. Mas Zen
  4. Mbak Monica Anggen
  5. Mbak Marita Surya Ningtiyas
  6. Mbak Gemaulani

Para Coach ini sudah pasti berkontribusi penuh dalam mengarahkan kami untuk lebih mengoptimalkan blog. 

Secara tidak langsung, kelas ini juga mengajarkan arti disiplin dan manajemen waktu. 

Yaitu dengan aturan yang tegas, maka secara otomatis akan membuat peserta harus aktif mencari tahu, bertanya, gerak cepat dan juga praktek langsung. 

Intinya sih, bagaimana para peserta mau menjemput bola, tidak hanya diam. 

Materi apa saja yang diajarkan di kelas Gratis BRT? 

belajar seo on page di kelas brt network
Hasil belajar salah satu materi di Kelas BRT bisa kenal dengan tool Meta SEO Inspector

Sebagai pemula, semua materi pasti terasa berat buat saya. Tapi hal tersebut tidak serta merta membuat saya down.

Minimal saya sudah bisa memahami maksud dan tujuan dari setiap materi, maka jari-jemari akan langsung menari di keyboard PC atau keypad Smartphone untuk mencari keyword setiap materi pada Syeikh Google. 

Setelah itu pastinya saya akan mencatat semua hal-hal penting yang terkait dengan materi. 

Karena prinsip saya, semakin banyak indera yang terlibat dalam proses belajar, maka daya tancapnya di otak akan lebih kokoh.

Nah, setelah mengumpulkan beberapa kesimpulan, barulah saya cross check kebenaran dan juga menanyakan hal-hal yang belum saya pahami kepada Istri yang lebih paham mengenai materi-materi di kelas ini. 

Nanti, ketika Istri tidak bisa menjawab maka sudah tentu saya tanyakan ke Coach. 

Nah, apa saja materi yang sudah saya terima sampai tulisan ini launching? Yaitu materi mengenai SEO on Page, meliputi:

  1. Cek daleman blog pake tool MetaSeo Inspector dan edit template agar SEO Friendly
  2. Parameter SEO
  3. Google Analytics (GA) 
  4. Google Search Console (GSC) 

Penjelasan lebih detail, akan saya coba tuliskan di episode selanjutnya. Hehee.. 

Belajar GA dan GSC di kelas BRT
Pertama kali tahu tools Google Analytics dan Google Search Console dari belajar di Kelas BRT

Nah, kesannya apa saja sih selama mengikuti Kelas Gratis BRT Network? 

Kalau di scroll kembali dari awal tulisan ini, sebenarnya sudah ada beberapa kalimat yang menjadi kesan saya pribadi. Yaitu tentang Kedisiplinan, Manajemen Waktu, Optimalisasi Blog. 

Hal lain yang sangat berkesan yaitu kelas ini juga mengajarkan tentang team work. Mengapa? Karena di kelas ini, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok. 

Dengan aturan yang super ketat dan tegas, maka masing-masing individu harus bisa saling meng-cover teman kelompoknya.

Minimal yang sudah pernah ikut kelas ini, bisa membantu teman dalam kelompoknya yang masih kategori beginner, seperti saya. Hehee. Kalau tidak, maka otomatis kelompok tersebut ter-kick

Nah, dalam team work ini juga sudah pasti mengajarkan bagaimana kerjasama yang baik, tidak egois dan juga "sadar diri", kwkwkw.

Terus, pendapat peserta lain tentang Kelas BRT Network apa saja sih?

Kelompok yang sudah terbentuk, dapat mengajukan pertanyaan  atau wawancara terkait kelas ini kepada peserta lainnya. 

Nah, ini hasil wawancara saya dengan Mbak Retno. Bloger dan juga seorang penulis buku ini cerita kalau dia sudah ngeblog dari tahun 2010 tapi baru beli domain atau TLD sejak 2015.

Berawal dari disuruh editor untuk  branding sebagai penulis buku lewat blog tapi ke sini tujuan blog semakin berkembang karena banyak sekali manfaat yang didapatkan.

Mulai dari bebas nulis tanpa aturan seperti menulis buka, dapat penghasilan, bisa kontak langsung dengan pembaca dan dapat rejeki pergi umroh karena blog.

Pemilik blog adaresensi.com ini mengaku kalau beliau blank soal codingan jadi agak susah menangkap materi yang berkaitan dengan edit HTML di blog.

Meski begitu beliau semangat menyimak setiap materi yang disampaikan para Coach  karena semua penting walau menangkapnya pelan-pelan.

Ketika ditanya apakah yakin bisa lulus kelas ini Mbak Retno menjawab tidak tahu tapi beliau akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bertahan.

Selain Mbak Triani Retno, saya juga mewawancarai Mas Taumy yang mengaku sudah mulai negblog dari tanggal 1 Januari 2018.

Beliau cerita kalau tujuan awal ngeblognya cuma numpang curhat berbagai kegiatan yang pernah dilakukan, khususnya travelling

Namun lama-kelamaan pemilik blog talif.id ini sadar bahwa blog bisa memberikan banyak benefit, salah satunya adalah menikmati acara pembukaan Asian Games 2018 di VIP Class perwakilan dari Blogger Sulawesi Tengah. 

Blogger asal Sulawesi tengah ini mengaku basic dari jurusan Kimia sehingga tidak memiliki keahlian khusus dalam hal kodin sehingga ini yang jadi tantangan utamanya dalam kelas BRT.

Ketika perbaiki SEO Header. Sampai hubungi tempat beli tema nya dan penjualnya juga nyerah. Akhirnya dengan tanya sana sini berhasil juga dilewati. So far, ini sih yang paling sulit. Untuk yang lain, yakin pasti bisa hingga lulus bersama teman segrup.

Terakhir, Mas Taumy berpesan, kelas seperti ini seharusnya bisa menjangkau lebih banyak  blogger lain yang mungkin butuh untuk berkembang.

Kesimpulan : Keep on Fighting Till The End

Belajar di Kelas Gratis BRT Network sudah tentu membutuhkan jiwa-jiwa fighter, terutama pada tahap belajar coding

Saat belajar coding inilah, banyak blogger yang merasa bingung, apalagi terbilang pemula dalam mengelola blog seperti saya.

Tapi bukan berarti saya harus menyerah saat menghadapi masalah. Justru di sinilah tantangannya, bagaimana para peserta dalam tim saling membantu dan mengingatkan.

Haus rajin membaca lebih detail setiap komentar di WAG serta mengikuti intruksi dari para Coach.

Karena terbilang baru dalam mengelola blog, saya mulai menyadari banyak hal yang perlu saya pelajari lagi, masih banyak kekurangan yang harus saya benahi step by step. 

Mulai dari cara penulisan yang benar sesuai EYD hingga belajar coding agar blog kita bisa lebih optimal lagi. 

Kelas ini mengajarkan bahwa blogging tidak sekedar menulis, tetapi lebih mengarahkan untuk mengoptimalkan fungsi blog itu sendiri.

Nah, besar harapan saya semoga bisa menyelesaikan Kelas Gratis BRT Network ini.

44 komentar untuk "Kelas Gratis BRT Network: How to Optimize Blog"

  1. Keep fighting kak, semangat belajar! Aku mau ikut kelas ini sadar diri lagi banyak kerjaan akhir tahun. Semoga jodoh di next class aamiin. Sering sharing soal kelasnya ya kak

    BalasHapus
  2. Optimize blog, penting banget memang.Jujur,blogku masih perlu dibenahi kiri kanan banyak kekurangannya dan perlu dibenahi

    BalasHapus
  3. wah senangnya bisa ikutan kelas gratisnya BRT NETWORK ini
    emang kelas yang recommend buat optimasi blog ya

    BalasHapus
  4. Daging banget ini materinya. Selamat ya udah bisa mengikuti kelas ini sampai tuntas

    BalasHapus
  5. Ini dia nih peer blogger tuh yaa, cek dalemannya blog kita masing-masing biar performanya makin mantap dan mendatangkan traffic yang bagus

    BalasHapus
  6. huhuhu ngiri berat

    pingin banget ikutan Kelas Gratis BRT Network

    saya pernah daftar tapi gak lolos

    BalasHapus
  7. Keren kelasnya. Aku udah sampe nerima email. Tapi sayangnya baca pas sore sementara link revoke jam 2an. Jadilah aku tak masuk. Semoga aja nanti bisa ikutan. Ganbatte juga ya kak

    BalasHapus
  8. Semangat ngutak ngatik blognya, keren banget bisa ikutan kelas BRT yang ilmunya kece semua :)

    BalasHapus
  9. Salut buat semangatnya. Meski masih pemula banget tapi sudah langsung terjun ikut kelas dengan materi SEO on page yang nggak bisa dibilang ringan, hehe. Semoga bisa bertahan sampai akhir yaa. Cayyoo.

    BalasHapus
  10. Kelas ini emang untuk blogger tangguh!
    Yang jadi silent reader suka skip bakalan ketinggalan banget
    Jadi harus rajin baca grup karena ilmu-ilmu perbloggingan banyak tersebar di sana
    Yuk, semangat sampai kelas selesai :)

    BalasHapus
  11. Mengikuti kelas BRT akan menyenangkan karena akan menambah wawasan seputar blogging, SEO dan semacamnya. Belajar di kelas BRT semakin maju

    BalasHapus
  12. semangat mba, semoga kita bisa lulus bareng di kelas ini ya..
    biar tahun depan performa blog kita makin ciamik ya

    BalasHapus
  13. Semangat berjuang hingga akhir kak, semoga ilmunya bisa bermanfaat, dan blogging skill makin meningkat ya

    BalasHapus
  14. Wah mentornya para blogger keceh. Nah GA ini PR buat saya yang masih bingung nih buat konekkin GA ke blog, duh. Jadi pengen ikut kelasnya.

    BalasHapus
  15. Saya juga baru ikut kelas lain dengan materi sama. Senangnya banyak komunitas blogger sekarang berani mengupgrade diri. Ini sebuah kemajuan buat kita. Selamat untuk semua anggota BRT.

    BalasHapus
  16. Semangat Kak, semoga bisa mengaplikasikan ilmu dari kelas BRT ini dan menjadi berkah bermanfaat untuk blognya. Blog saya pun masih butuh banyak dibenahi agar makin optimal tampilan maupun trafiknya.

    BalasHapus
  17. Melihat yang hijau-hijau memang bikin adem, begitu juga pas cek blog meta inspector kalau hijau mah seneng banget, tapi kalau ada merahnya itu jadi PR hehe

    BalasHapus
  18. Kelas BRT ini materinya luar biasa si, kadang tuh bikin pengen nyerah tapi kok sayang kalau nggak dilanjutin :")

    BalasHapus
  19. Keren ya kelas BRT ini bener-bener yang ikut grupnya jadi tambah pinter

    BalasHapus
  20. Keren banget ya kelasnya kak...
    Materinya luar biasa plus pendampingan coachnya juga TOP..
    Semoga performa blognya semakin baik ya kak...

    BalasHapus
  21. Semangattt kakak jangan lupa untuk selalu menulis diblognya yah

    BalasHapus
  22. Lengkap banget materinya. Daging bangeet pasti ini ya Mas., Semangaat terus nge-blog nyaa

    BalasHapus
  23. Wah seru banget ya kak bisa ikut kelas ini. Semoga ilmunya bisa bermanfaat dan di terapkan pas ngeblog

    BalasHapus
  24. Seliweran nih artikel BRT. Aku jadi ikutan belajar deh. Masih belum faham juga nih ttg GSC. Semangaat kakak...

    BalasHapus
  25. hmm jadi pengen belajar optimasi blog juga di kelas BRT, materinya sepertinya berbobot sekali. coachnya juga para pro-blogging juga nih..

    BalasHapus
  26. Kemarin sempet nanya dan mau ikutan di BRT biar banyak belajar tentang ads juga

    BalasHapus
  27. Keren keren.. BRT memang baik sekali nih, apalagi dibimbing sama para coach yang memang udah jago di dunia perblogingan.

    Semangat ngeblog mas. Salam kenal.

    BalasHapus
  28. GA dan GSC ini meski gratis dan disediakan Google, ternyata dalemannya powerful banget yak Mas, buat meng-gauge performa blog kita.

    BalasHapus
  29. Wah menarik banget yah, saya baru tau ada kelas seperti ini. Semangat terus, dan menerapkan ilmunya!

    BalasHapus
  30. Wah, jadi makin tertarik sama kelas ini. Semoga bisa gabung nanti.

    BalasHapus
  31. Semangat mas, dulu aku pernah ikutan kelas SEO nya mas pewe dan emang mantap materinya
    kelas yang BRT ini belum pernah ikutan, mungkin next time

    BalasHapus
  32. Bener banget Mas, blogging nyatanya bukan hanya tentang menulis, tapi juga gimana tulisan itu bisa sampai ke sebanyak mungkin pembaca. Sukses buat kelasnya

    BalasHapus
  33. Semenjak ikut beberapa grup blogger di WA, saya dengar tentang BRT. Disebut-sebut sebagai kawah candradimukanya bloger.

    Ternyata memang benar ya. Tapi dari yang saya baca, teamwork digenjot habis, begitu juga dengan manajemen waktunya ya Mas.

    Semoga batch selanjutnya saya bisa ikuti. Semoga lulus ya Mas. Semangat!!

    BalasHapus
  34. Kelas-kelas begini bagus ya buat upgrading blogger biar gak cuma nulis dan lupakan. Sebab blog mesti dirawat dengan baik juga.

    BalasHapus
  35. Bagus nih ikutan kelas blogging kayak gini, buat upgrade diri. Semangat belajarnya Mase...

    BalasHapus
  36. Jadii flashback setahun lalu atau lupa kapan tepatnya. Ikutan ini jg tapi namanya masih kelas 30 hari menaikkan DA hehehe. Seru bangett. Semoga bertahan sampai akhir kak.

    BalasHapus
  37. Ini sih namanya kelas paket komplit... Ilmu-ilmu mahal yang dibagi tanpa biaya ... Salut sama para mentor...

    BalasHapus
  38. Semangat ya Kak, bisa belajar gratis dengan ilmu yang sangat dibutuhkan,
    tentunya berkah banget itu. Sukses dan bahagia selalu ya...

    BalasHapus
  39. Materinya bagus semua, cocok sekali untuk meningkatkan keahlian dan juga pengetahuan tentang dunia blogger

    BalasHapus
  40. Wah bisa di undang di asian games 🤩🤩🤩 sayang waktu itu aku lom punya blog ..skrg jd mupeng huehue

    BalasHapus
  41. Keren juga nih, ada kelas gratis untuk para blogger. Sebenarnya yang begini harus makin disebarluaskan agar para blogger lebih paham tentang blog itu sendiri.

    BalasHapus
  42. Wah, jadi ingin ikut juga kelas BRT juga. Apalagi bagi blogger yang masih merintis seperti saya. Banyak hal-hal teknis yang perlu dipelajari. Semoga nanti ada kelas berikutnya lagi.

    BalasHapus